Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Serambi Masjid Mataram dari kayu Jati" Bedug lebih tua dari usia Masjid

Senin, 8 Agustus 2011 | 11:45 WIB
Dibaca: 3250
Serambi Masjid Mataram dari kayu Jati" Bedug lebih tua dari usia Masjid
SERAMBI MASJID MATARAM KOTA GEDE

Majalah burung pas, ulasan kali ini masih berkaitan dengan Masjid Mataram  Kotagede Yogyakarta. Di awal telah di paparkan bangunan Masjid sangat kokoh dan bernuansa tardisionil, karena sebagian bangaunan inti berbahan bangunan dari kayu jati yang berkualitas.

Bangunan  tiang di serambipun juga  berbahan yang sama, lihat saja tiang, baleg, usuk, serta rengnya sangat indah di pandang mata, hingga saat ini, dan bukti ini merupakan peradaban arsitek yang telah maju, dengan mempertimbangkan kekuatan bangunan, terbukti semasa gempa melanda, bangunan tetap kuat.

Di dalam serambi ini pula, terdapat sebuah Beduk kuno yang usianya lebih tua dari pada maasjid.

Konon bedug merupakan hadiah dari Nyai pringit, dimana orang ini berasal dari Dusun Dondong yang masuk wilayah Kabupaten Kulonprogo.

Menurut cerita karena berjasa memberikan beduknya, dan mampu menarik warga untuk mengikuti ajaran Islam maka keturunan Nyai Pringit tersebut di berikan tanah, sehingga tinggal di sekitar masjid, dan sejak saat itulah daerah di beri nama baru bernama Dusun Dondongan sampai sekarang.

Bedug tersebut sering di tabuh menandai saat waktu sholat, selain di tabuh saat menjelang Jum’atan. Perjalanan mengitari masjid merupkan hal yang menarik sebab bagian dari itu pemirsa dapat mengenal sejarah, selain melihat megahnya  arsitek di masa lampau yang telah berumur ratusan tahun, tetapi masing sangat kuat sampai saat ini. Team redaksi *


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkutut maharani ujung panjang stabil "berani berapa ? in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15589793 Page View
    Visitors   806843 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online