Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Pohon Jati, Daun kluwih" hasil tebakan-tebakan Sunan kalijaga & Sunan Geseng

Kamis, 16 Agustus 2012 | 09:40 WIB
Dibaca: 5917
Pohon Jati, Daun kluwih" hasil tebakan-tebakan Sunan kalijaga & Sunan Geseng
pohon jati juga pohon kluwih berada di Jatimulyo Dlingo Bantul

Wisata Religi muatan majalahburungpas-Mestinya pohon jati tetap pohon jati dan pohon kluwih tetap pohon kluwih, sehingga keduanya benar.  Konon ceritanya pohon yang berada di Jatimulyo Dlinggo Bantul Yogyakarta ini menjadi saksi sejarah akan kehebatan dua tokoh Muslim yakni Sunan Kalijaga dan Sunan Geseng yang memiliki kanuragan ilmu kebatinan yang tinggi dan keduanya setara, sehingga tatkala saling tebak dan lempar ternyata hasil tebakan sama-sama benarnya.

Sebelumnya kedua tokoh ini juga sudah saling lempar tebakan dan keduanya menghasilkan kenyataan tebakan yang sama kuat. Suatu ketika Sunan Kalijaga melihat kayu, dan kayu itu di tanyakan kepada Geseng, coba itu kayu apa geseng ? Sunan Geseng mengatakan, itu pohon Kluwih sambil menunjukan pohon yang di maksud, Sedang Sunan Geseng menjawab, bukan itu bukan pohon kluwih tetapi Jati.

Karena keduanya mempunyai pendapat masing - masing dan benar maka terus saling tarik ulur akan pendapatnya sehingga keduanya tetap berpedoman sesuai pohon yang di maksud.

Sunan geseng semula adalah bernama Ki Cokrojoyo atau tukang panjat pohon kelapa untuk di ambil niranya untuk di buat gula jawa dari,  dan termasuk orang yang linuwih namun masih akan menggapai ilmu yang lebih tinggi dan berguru kepada Sunan kali jaga

Akhirnya Sunan kalijaga memberi penjelasan “ kepada Sunan geseng, bahwa dari pada Pohon kluwihnya masih banyak Jatinya, dan anda Sunan Geseng sudah ketempatan ilmu yang sejati tetapi anda bisa melebihi ilmu saya, dengan demikian, tempat untuk tebakan ini saya namai Desa Badean.

Sampai saat ini pohon masih ada dengan daun jati dan kluwih serta banyak di kunjungi untuk  orang yang mencari berkah. Di badena ini juga terdapat sendang panguripan yakni sumber air atau Sendang Banyu urip “yang bersih dan di jaga oleh juru kunci atau Abdi dalem Kraton Yogyakarta. “Team redaksi”


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Bp. Ujang Kemalingan 500 Ekor Perkutut in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17144600 Page View
    Visitors   883961 Pengunjung
    Visitor Online   7 Pengunjung Online