Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Bantul sajikan wisata edukasi pembangkit tenaga hibrid di pantai baru

Minggu, 17 Juli 2016 | 17:14 WIB
Dibaca: 8901
Bantul sajikan wisata edukasi pembangkit tenaga hibrid di pantai baru
pembangkit tenaga hibrid bantul

Media online majalahburungpas.com,berwisata ke pantai Bantul bisa melihat keberadaan kincir angin pembangkit listrikdan ini  tidak hanya memberi manfaat bagi untuk penerangan akan tetapi juga menunjang sektor wisata di Pantai Baru.

Belasan kincir berukuran besar berdiri kokoh di lahan pasir di pinggir Pantai Baru. Dan hembusan  angin pantai  yang terus menerjang memainkan setiap baling-baling sehingga membentuk tarian besi raksasa. Sementara   gemuruh yang ditimbulkan baling-baling  berpadu dengan deburan ombak pantai selatan seakan menyanyikan sebuah lagu sabda alam.

Kawasan wisata Pandansimo tidak hanya menawarkan pesona alam berupa pantainya namun juga menyuguhkan wisata edukasi. Keberadaan pembangkit listrik tenaga hibrid (PLTH) Bayu Baru yang digerakan oleh kincir angin-panel surya, akan membuka wawasan Anda disamping berwisata pantai. Sehingga berwisata di Pantai Baru Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih.

Pesisir pantai selatan Yogyakarta yang memiliki lahan terbuka yang luas  dan matahari yang bersinar sepanjang hari dengan kecepatan angin rata-rata berintensitas 4 mvs, merupakan keunggulan tersendiri guna pengembangan pembangkit listrik energi hibrid. Sehingga dengan kondisi alam yang terbuka dan berhadapan langsung dengan samudera Hindia, kawasan Pandansimo menjadi tempat yang tepat untuk pengembangan pembangkit listrik enerrgi hibrid.

Pengembangan pembangkit listrik energi hibrid yang lokasinya menyatu dengan wahana wisata Pantai Baru inipun memberikan kemudahan setiap pengunjung  untuk melakukan dua kegiatan sekaligus.

Dan pengunjung tidak melakukan perjalanan yang melelahkan karena untuk menimba ilmu tetang pembangkit listrik energi hibrid cukup dengan jalan kaki untuk menuju kantor PLTH Bayu Baru, yang telah dilengkapi fasilitas workshop. Di sini pengunjung dapat mentransfer ilmu Ebt kepada masyarakat. Selain itu bagi kalangan akademisi dapat melakukan kerja praktek maupun penelitian.

Manfaat PLTH

PLTH tidak hanya bermanfaat untuk penerangan bagi warrga kawasan Pandansimo yang tidak teraliri listrik dari PLN. Keberadaan PLTH ini juga sangat mendukung kebangkitan sektor pariwisata yang tengah dikembangkan warga Ngentak Poncosari Srandakan.

Adanya PLTH pelaku wisata yang bergerak di bidang kuliner, utamanya rumah makan,  menjadi lebih beruntung karena dapat buka hingga sore bahkan malam tanpa khawatir ruang makan menjadi gelap.

Selain itu, PLTH ini dimanfaatkan warga untuk pengangkatan air bersih dengan menggunakan sistem pompa air tenaga matahari (panel surya0. Air tersebut berfungsi sebagai pengairan di pertanian lahan pasir maupun kolam budidaya ika tawar di sekitar PLTH. Tim red


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Ketupai ekor panjang bermanfaat in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15590705 Page View
    Visitors   806859 Pengunjung
    Visitor Online   12 Pengunjung Online