Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Goa pari di kawasan batu kars Wonosari

Sabtu, 13 Oktober 2012 | 09:00 WIB
Dibaca: 2547
Goa pari di kawasan batu kars Wonosari
Juru kunci di Pintu keluar goa pari

Gunungkidul jadi sorotan majalahburungpas.com, ternyata kabupaten terluas di DIY ini masih menyimpan potensi yang belum di publikasikan, salah satunya adalah goa Pari. Panorama alam ini memiliki Pajang sekitar 80 meter dengan kedalaman sekitar 20 meter serta lebar lebih kurang 30 meter.

Menurut bapak Dukuh setempat, keberadaan goa di temukan sekitar tahun 1848 dan penemu dari goa ini adalah Kerto kerti yang merupakan kakak beradik,dari Suto dan kerti, nah dari 4 orang saudara inilah goa di kenal masyarakat. Para penemu dari 4 bersaudara tersebut masih menurut Bapak Dukuh, Untuk yang bernama suto dan kerti  makamnya ada di ponjong namun sampai saat ini belum terungkap atau masih misteri.

Dari legenda masyarakat yang turun temurun lantas penemu dari goa ini menjadi cikal bakalnya desa Karang tengah Wonosari.

Goa pari ketika di telusuri team majalahburungpas.com, meliki 2 pintu dan untuk di selatan tingginya sekitar 3 meteran, sedang pintu utara terlihat sempit tetapi orang bisa masuk. Ketika berada di goa pari pengunjung yang masuk perlu juru kunci dan akan berjalan menyusuri serta melingkar di dalam goa, namun bila mau keluar harus balik ke mulut goa pari.

Panorama alam di dalam goa cukup unik dan pengunjungpun akan dapat melihat stalagtit yang tampak beragam jenis. Selain itu batu-batu bintang akan bersinar kerlap kerlip saat lampu senter di sorotkan. Lokasi Goa Pari merupakan kawasan goa di bawah tanah di batu kars dengan pemilik tanah perorangan.

Menurut tokoh setempat dan juga pemilik tanah Rabiyo, di namai goa pari, karena pada masa itu dalam suasana mencekam serta mahal bahan makanan di samping pihak penjajah belanda juga terus mengusik, maka lokasi goa di pakai untuk menyimpan padi (Pari) hal ini agar tidak di rampas belanda pada waktu itu. Lokasi goa pari sering menjadi tempat jujugan pecinta alam, baik pelajar maupun peneliti untuk karya ilmiah dan liburan. “P/ar


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara anggungan burung derkuku durek juara 3 kali nasional 2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17142370 Page View
    Visitors   883811 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online