Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Goa Gong Pacitan, Panorama Spektakuler Dalam Perut Bumi

Selasa, 23 Agustus 2011 | 11:53 WIB
Dibaca: 2886
Goa Gong Pacitan, Panorama Spektakuler Dalam Perut Bumi
pemandangan Stalaktit dan stalakmit di dalam goa Gong

Pacitan, majalahburungpas.com, halaman wisata goa. Berwisata di goa merupakan suatu tantangan bagi penjelajah wista. Goa Gong yang satu ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan Jawa timur, jaraknya dari kota Pacitan sekitar 30 kilometer ke arah barat. Goa Gong yang memiliki tujuh ruang dan empat sendang ini sudah dirancang untuk dapat dimasuki siapa saja.

Media ini ketika mengamati di pintu masuk gua, di sebelah kanan mulut goanya, ternyata telah di bangun sebuah prasasti yang menandakan di temukannya Goa tersebut pada tahun 1924.

Goa di temukan oleh dua warga dari Desa Bomo dan delapan warga lainnya, yang kemudian membuka goa itu untuk wista umum sejak tahun 1995. 

Pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan khusus, karena pemandu akan mengantar anda sampai di mulut keluar. Untuk masuk di areal lokasi wisata alam ini hanya dengan tiket terjangkau sebesar  Rp 4.000, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan ornamen goa sambil menyusuri jalan setapak berpagar besi sepanjang lebih kurang 300 meter.

Jalan yang terbuat dari semen itu dibuat memutar sehingga pengunjung dapat mengakhiri perjalanannya di titik keberangkatan. Hanya saja udara di dalam goa memang agak pengap sehingga pengunjung harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menikmati keindahan gua terindah se Asia Tenggara itu.

Tanpa membawa senter, ruang-ruang di dalam goa sudah cukup terang. Lampu-lampu sorot berwarna-warni yang diletakkan di berbagai sudut menerangi seluruh stalaktit dan stalakmit yang menjadi daya tarik utama goa itu.

Ornamen goa yang semula berwarna putih gading atau coklat kekuningan berubah warna menjadi merah, biru, kuning, dan hijau.

Menurut Winarni, seorang pemandu wisata, ada salah satu ornament stalaktit batu di dalam goa yang dapat menghasilkan bunyi sehingga goa itu dinamakan Gong.

Namun karena ornament batu yang dimaksutkan susah di jangkau, karena medan yang sedikit licin,akhirnya kru media  ini mengurungkan niatnya, ketika akan mencoba memukul ornament yang di maksud.

Sulitnya medan terpaksa harus hampa tak mengetahui atau mendengarkan bagaimana bunyinya.

Jalan menuju Dalam goa gong

Untuk menjangkau lokasi wista, apalagi setelah keluar dari dalam gua hampir di pastikan akan menguras tenaga bahkan dengan napas yang sedikit ngos-ngosan akan kita alami, Goa Gong hanya salah satu potensi wisata goa di Pacitan.

Makanya tak heran dengan kekayaan alam berupa goa yang di miliki Kabupaten Pacitan Jawa timur ini, juga di kenal dengan kota 10001 goa, selain masih banyaknya goa-goa yang lainnya tetapi juga menarik dan menantang untuk ditelusuri, seperti Goa Tabuhan, Goa Putri, Goa Kendil, Goa Pentung, dan Goa Somopuro.

Selain goa- goa tersebut juga masih  ada  sekitar 11 goa yang dikelola sebagai obyek wisata di Kabupaten Pacitan untuk bisa di kunjungi.

“Anda petualang pencari Goa-Goa  ? semoga secuil info ini bermanfaat bagi pemirsa.

 ( Febru kresnanto }


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Inilah suara anggungan perkutut juara nasional javalove ring KH in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15590115 Page View
    Visitors   806850 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online