Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Eksotis Goa Pindul Gunungkidul dan misterinya

Selasa, 27 Maret 2012 | 10:00 WIB
Dibaca: 4667
Eksotis Goa Pindul Gunungkidul  dan misterinya
GOA PINDUL GUNUNGKIDUL

Gunungkidul-di kaca mata majalahburungpas.com, menyimpan keunikan dan kekayaan alam yang sangat bagus.

Nah anda ingin lebih dekat tentang Gunungkidul simak wartanya dari media inspirasi, hobi,dan pencitraan  majalahburungpas internet. Salah satu panorama dan kekayaan Gunungkidul adalah beragam goa dan kali bawah tanah yang  belum optimal terpublikasi.

Dan  kisah goa pindul konon berawal dari pembuangan bayi oleh utusan panembahan senopati, sebelum dibuang si bayi di terlebih dahulu mandikan di dalam gua, dan pipi bayi tersebut sempat terbentur oleh bebatuan di dalam goa. Sejak peristiwa itulah awal mula goa eksotis ini di orbitkan menjadi Goa Pindul (Yang artinya pindul, PI, > Pipi. Ndul > kepentul/kebentur) karena waktu itu sulit mengartikan maka di singkat pindul.

Sejak saat itulah kekayaan alam di daerah Ngelaran,BejiHarjo,Karangmojo ini mulai dikenal oleh masyarakat, selain di ekspos lebih luas olek media cetak dan elektronik hingga goa pindul makin dikenal. Goa Pindul di kelola oleh sekelompok orang  atau karang taruna dari desa tersebut dengan sebutan DEWO BEJO (desa wisata Bejiharjo).

Ketika pemirsa datang di Goa Pindul maka akan melihat beberapa bagian yang memiliki lorong  3 zona jelajah  (gelap,remang-remang dan terang) di dalam lokasi goa pindul tersebut. Dan ketika menyusuri dinding goa selama setengah jam saja di bawah bukitan yang dapat di  tempuh sejauk  350 meter dalam goa tersa dingin dan mengasyikan. Goa bawah tanah Kars tersebut dapat di telurusi  dengan menyusuri sungai bawah tawah yang mengalir ke sungai oya dengan kedalaman air sekitar 4-7 meter menjadi suatu tantangan tersendiri untuk di nikmati.

Bagian dari 3 objek wisata yang menjadi satu paket atau satu komplek dengan goa pindul juga ada goa glatik  yang masih alami serta memiliki jarak jelajah sekitar 250 meter di bawah permukaan tanah. Goa glatik  tersebut merupakan goa kering dengan lantai tanah menuju ka bawah tempat parkir.

Selanjutnya bagi yang kepengin wisata arung jeram dapat menyusuri sungai oya dengan jarak 7 km pada saat air sungai fuul di musim hujan namun berkurang  di saat misim kemarau, sedangkan pada saat musim penghujan hanya memiliki jarak  jelajah  3 km menyusuri bantaran kali oyo.

Puas di dalam goa kita juga bisa mengunjungi monumen peringatan jenderal suderman pada 10 maret 1949 yang menjadi markas komando pemerintahan militer yang ada gi gunungkidul pada waktu itu,

Fasilitas yang tersedia di sekretariat berupa peralatan yang sudah modern dan terjamin tingkat keselamatannya, beragam peralatan itu seperti,helm,sepatu,pelampung karet ban,baju koprol  selain pemandu untuk para wisatawan.

Tiket  untuk masuk ke objek  wisata alam ini  sangat terjangkau dan terdapat di komplek goa pindul Objek wisata tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupaun empat, sedang  jarak dari kota propinsi DIY hanya 47 km dan 7 km dari kota Wonosari, Anda mau tantangan  ? “ LIPUTAN VISUALNYA DAPAT DI LIHAT DI PAS TV  AP/RUN


Berita Terkait


2 Komentar


suyanta
Selasa, 4 September 2012 | 19:51 WIB
Saya orang Gading yang ada di Bali,saya baru tau kalau Gunung Kidul banyak Obyek yang hebat dan menarik.nuwun
Balas
Goa pindul
Kamis, 24 April 2014 | 20:22 WIB
Wow...terimkasih atas bantuan promosinya..:)
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Derasnya Ombak Air Sungai Brantas Jatim in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17264314 Page View
    Visitors   889987 Pengunjung
    Visitor Online   7 Pengunjung Online