Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Situs Payak sebagai Pertirtaan di masa umat Hindu

Senin, 27 Februari 2012 | 13:39 WIB
Dibaca: 1379
Situs Payak sebagai Pertirtaan di masa umat Hindu
FOTO SITUS PAYAK DI JALAN WONOSARI PIYUNGAN

www/http.majalahburungpas.com menyajikan beragam wisata purbakala dan candi. kali ini menyajikan jepretan Foto bangunan kuno berupa Situs Payak. menurut para arkelologi bangunan tersebut di perkirakan berdiri sekitar abad 9, dan merupakan salah satu tempat untuk pertanda mengambil air suci pada upacara keagamaan Hindu.

Lokasi Situs berada di jalan  Wonosari tepatnya Puskesmas Payak atau selatannya yang masih menjadi wilayah Srimulyo, Piyungan, Bantul Yogya. Para arkeologi yang berkompeten dalam hal itu, mencatat bahwa bangunan ini dulunya di katakan sebagai Pertirtaan, atau juga sebagai pemandian/tempat mengambil air suuci di kala  abad tersebut terutama bagi umat Hindu.

Banguan tempo dulu tersebut, bila di lihat dari sisi utara dan selatan membentuk huruf “U” dan berukuran sekitar 3 meter x 1  meter.

Lokasi ini juga ada penjaga atau perawatnya,sehingga lokasi juga telah di tata dengan apik dan teratur sehingga terlihat rumput  dan tumbuhan yang ada menjadi salah satu pandangan yang asri.

Letak bangunan ini agak  menjorok ke  dalam tanah sekitar 5 meteran, namun sudah di kelilingi rumput dan banguan masa kini.  Situs ini di temukan tahun 1970 an oleh para perajin batu bata. Tahun 1981  di sekelilingnya di garap dengan penanganan dari BP3 Prov. DIY.  Berbagai Sumber “ Sgt/iq


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara angguangan burung derkuku senopati ring salsabila in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16178780 Page View
    Visitors   834005 Pengunjung
    Visitor Online   15 Pengunjung Online