Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Candi sambisari 1 Induk dan 3 candi pelengkap

Senin, 25 Juni 2012 | 21:42 WIB
Dibaca: 1359
Candi sambisari 1 Induk dan 3  candi pelengkap
CANDI SAMBISARI DI KALASAN

Majalahburungpas.com halaman wisata Candi, Foto candi yang di tampilkan ini merupakan sebuah bangunan candi yang di temukan pada tahun 1966. Bangunan unik dan artistik ini sebelum di temukan memang tidak tampak karena terkubur tanah sedalam 6 meteran.

Candi tersebut juga cukup lama di identifikasi terlebih rangkaiannya saat akan susun juga memerlukan waktu yang cukup lama pula yang memerlukan waktu sekitar 21 tahun di samping penggaliannya.

Dari berbagai sumber yang dapat majalahburungpas.com temui, candi di temukan saat seorang petani bernama Karyo winangun di tahun tersebut sedang mencangkul tanahnya dan mengenai batu bangunan, sehingga di gali lebih lanjut dan ternyata batu candi kuno. Beragam arca kuno dan batu rangkaiannnya kini dapat di lihat dengan apiknya yang masuk di Dusun Sambisari Purwomartani Kalasan Sleman Yogyakarta.

Bangunan candi ini di perkirakan oleh para ahli di bangun sekitar tahun 812-838 M, yang di duga pula saat masa pemerintahan Rakai Garung. Saat pengunjung melihat dari jarak dekat akan menyaksikan 1 buah candi induk serta 3 candi yang dapat di sebut candi pelengkap atau pendamping.

Pada dinding bangiunannya ketika di saksikan akan di temui mirit motif motif yang menarik yakni sepeerti batik. Sedang bila pengunjung masuk juga dapat melihat pahatan hiasan hewan Singa ( yang merupakan hewan sangat penting di dalam Mitologi Umat Hindu) Demikian sekilas Candi yang dapat redaksi tampilkan bila anda ingin lebih ingin tahu tentang candi sambisari dapat berkunjung melalui jalan Solo atau bandara Adi Sucipto Keutara sekitar 1,5 km

Kini candi yang dapat di saksikan tersebut di rawat dan di jaga petugas Purbakala DIY, dan candi juga di pagari secara permanen membentuk persagi empat berbagai “sumber/red


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Lomba derkuku perlu menggandeng akademisi kampus in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16176985 Page View
    Visitors   833908 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online