Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Berlibur ke Negri di atas awan

Jumat, 20 Mei 2011 | 08:22 WIB
Dibaca: 2717
Berlibur ke Negri di atas awan
Gunung terselimuti kabut awan

Samigaluh-majalah burung pas.com. Anda Pernah ke Negri di Atas Awan ? bila belum, ini bisa di buktikan, dan bukan khayalan. Saat kita berkunjung/membuktikan Desa wisata Nglinggo Pagerharjo sekan beraada di atas awan.

Daerah ini berada di kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo. Letak daerah ini tepatnya barat pasar Samigaluh dengan jarak sekitar 5 km ketemu lagi dengan pasar desa terus ke utara. Ketika kita sampai di sekitar utara pasar, terlihatlah pemandangan baik pegunungan serta ramahnya bukit yang menghijau, akan menjadi lilitan mata memandang. Dan sesampai di atas menuju daerah wisata ini, kita juga akan merasa kagum dengan panorama puncak gunung Widosari, yang terlihat dari sisi barat serta utaranya yang elok dan indah membuat mata makin berbinar.

Berkeloknya jalan dan hamparan bukit serta menghijaunya perkebunan teh, juga akan menyambut para pemirsa. Namun anda jangan terlalu kagum, karena jalan dan liukan bisa berbahaya karena jalan curam dan berliku. Ketika sampai di dataran tinggi dusun, Tritis kita akan lebih di kejutkan,dengan  berjejalnya aneka pegunungan, sebab kesemuanya itu sungguh menakjubkan, yang sampai-sampai, kru media ini bingung mana yang harus di pandang, dan begitu indah dan luas akan CiptaanNya.

Saat media ini sampai di jalan yang kurang terurus, merasa sayang, bahkan menggerutu,sebab di samping elok, tapi prasarana jalan, kadang masih licin serta makadam alias terjal.  Jalan yang membujur keutara sebelah kiri ini milik Kulon Progo sedang kanan milik Magelang Jateng.

Ketika di sini, mata memandang kita bisa memandang gunung Sumbing dan Merbabu dan seolah mecari perhatian untuk di lihat. Sedang arah kanan gunung Merapi yang kadang pula di selimuti kabut, juga sangat mendebarkan namun cukup mengasyikkan.

Di tempat ini pula hawa sejuk selalu akan kita rasakan, sebab berada di ketinggian 900 s/d 1000 dpl,  kemudian terlihat pula hamparan, perkebunan teh yang menghijau.Lokasi Nglinggo yang berada di ketinggian tersebut terletaknya masuk di kawasan perbukitan menoreh, yang berbatsaan dengan Magelang Jateng di sisi selatan.

Agaknya, alam menempatkan Nglinggo sebagai pelengkap  tempat wisata alam di Kabupaten Kulonprogo yang asik untuk di kunjungi selain bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi yang lain.  Ke tempat ini, jelas terasa penat dan kepayahan,akan tetapi,kesemuanya itu akan terasa sirna, manakala pemirsa bisa mandi di grojogan Watu jonggol, yang airnya bersih, dan bisa menyaksikan berbagai keindahan alam desa bagaikan Negri di Atas Awan.

ANEKA GUNUNG- GUNUNG UNIK

Gunung yang dapat kita lihat adalah Gunung widorosari, Gunung kukusan, Gunung langgar, Gunung Pikul,

MISTERI GUNUNG KUKUSAN

Pemirsa, bila kita sampai di lokasi ini, kita akan melihat dan  terheran, manakala 2 buah gunung yang menyerupai kukusan  kokoh menjulang.

Sebelah kanan adalah gunung kukusan, yang mana konon batu yang di atas/puncaknya  pernah di dorong dan jatuh kebawah, namun beberapa waktu kemudian bisa kembali lagi, dan anehnya di puncak, Batu itu masih ada hingga sekarang, yang dapat kita lihat dengan jelas, sekitar kurang lebih 1 meteran.

Batu tumpang/Goyang adalah berada di sebelah utara, tepatnya di pundak gunung tersebut yang di bawahnya ada lobang. Ketika majalah burung pas.com mencari info akan situasi dan berbagai gunung tersebut, salah satu petani bernama bapak Bardi asal Tritis Ngargoretno, mengatakan gunung kukusan yang ada batunya itu menurut cerita, batu di puncak adalah sumpal/sumpel seperti kukusan saat menanak nasi pakai kukusan, makanya bila di hubungkan keadaan bisa klop “ujarnya si penggarap ladang saat kami wawancarai tersebut.

Sedang gunung kukusan di sebelah barat tidak ada batunya di puncaknya  tetapi juga cukup unik dan apik “sautnya lagi. Gunung yang lain adalah gunung jaran, Sedang gunung penganten, terlihat gundukan batu raksasa yang sejajar dapat kita pandang. Sudah turun temurun itu di namainya seperti itu. 

Batu tumpang Pemandangan yang lain di belantara hutan pinus juga ada Misteri mata air, dimana ada mata airnya yang bersih, tetapi  tak ada got/salurannya, mendadak air bisa meresap/hilang.

Berbagai cerita dan suasana dapat juga kita lihat dengan apiknya, hingga bisa sampai petang hari, di saat petang/senja gunung dan desa akan di selimuti kabut, bila sudah demikian hendaknya pelancong segera pergi, sebab jalan dan pandangan akan terlihat gelap.

Dari dataran Belahan gunung ini, kita bisa melanjutkan ke selatan. Namun Kami menelusuri jalan beraspal  yang menuju Pedukuhan Nglinggo ke arah utara mengikuti jalan yang ternyata, hanya memutar di perkampungan desa wisata, dan balik ke arah gunung Widorosari atau baik lagi. 

NEGRI DI ATAS AWAN

Dusun ini bernama Nglinggo ada 2 Nglinggo timur dan barat . Untuk yang barat dipimpin oleh bapak dukuh bernama Teguh Kumoro, kami menyempatkan berbincang–bincang di rumah sekaligus kantor pedukuhan, yang membicarakan keelokan serta keunikan dusun dan adat istiadatnya.

Bapak Dukuh menyampaikan, potensi daerah wisata memang belum tergarap dengan optimal. Namun seiring dengan kemajuan Desa dan meningkatnya kemampuan warga, kami telah menjadi jujugan wisata desa yang Ter Unik di DIY. Dapat anda tahu “kata Teguh Kumoro, selain berbagai gunung seperti yang anda tulis ini, Nglinggo juga memiliki adat istiadat semisal saparan, pentas wayang kulit,nyadranan/ruwahan, serta “Auman atau do’a bersama setiap selapan sekali, di helat  tiap malam Jumat kliwon.

Sedang kesenian adalah khas,  berupa tari Lengger Tapeng, dengan para pemain kaum laki-laki dengan musik tradisional “Papar Kepala dukuh tersebut.Keunikan yang lain, gunung Pikul, yang di sampingnya ada Tenong. Air terjun juga menjadi andalan daerah dusun Nglinggo, yang  penuh panorama alami. Kekayaan yang lain selain kebun teh, juga ada pengrajin gula aren yang bisa di nikmati dengan memetik teh dan di sangrai, kemudian di berikan gula aren menjadi khas, unik serta nikmat.

Ketika berada di daerah kami ini, jangan kaget Mas ! sebab jika pagi hari dan menjelang senja, seolah olah “Kita berada di Negri Atas Awan” beber Teguh Kumoro, sambil bercanda namun serius”

AIR TERJUN GROJOGAN WATU JONGGOL

Sejuknya alam dan nyamanya Dusun di perkuat dengan adanya Aliran air terjun dari gunung. Air terjun ini berketinggian 100 meter dengan debit air besar yang di kelilingi di atasnya ribuan pohon pinus. Air bersih ini seolah juga menjadi saksi kehadiran anda, yang bisa hadir hingga di dasar terjunan air ini.

Di grojogan ini memiliki 3 cekungan/belik/kedung yang di guyur air dari atas. Cekung yang paling atas kecil, Cekungan sedang berada di tengah tingginya tebing air terjun, dan yang  besar ada di paling bawah.

Menurut penuturan Kepala dusun tersebut yang di dampingi salah satu warganya yang beternak kambing PE, Air terjun ini mengalir ke  sungai Bogowonto Purworejo Jateng sejauh kurang lebih 30 km dan bermuara di Pantai Congot galur Kulonprogo yang berjarak 50 km.

Air terjun, ketika memasuki musim kemarau panjang tidak pernah kering, namun hanya berkurang sedikit. Di puncak/pusat sumber di bangun saluran pipa untuk air minum yang di alirkan ke wilayah lain, menurut laporan, tempat ini ramai, bila liburan.  Nah pemirsa, tempat ini sangat berarti bagi kunjungan anda, ada baiknya bisa di agendakan untuk berkunjung, dan bila anda akan menginap Home stay milik warga, bisa anda manfaatkan. “Semoga info bermanfaat info. (Copy right @ majalah burung pas.com). Di muat mulai 10 April 2011. ** Fid **         

 

 

 

 

 

 


Berita Terkait


1 Komentar


luci
Senin, 12 September 2011 | 11:20 WIB
Sory ini ada didaerah jawa mana? ada info gak ya? apa ini tempat yg selama ini disebut2 sebagai desa negeri di awan yang di yogya dkt candi borobudur?? Saya tunggu kabar nya ya Thx
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Burung kunthul sahabat petani in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16360297 Page View
    Visitors   844246 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online