Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Cucak hijau sering pasang surut di arena lomba

Kamis, 19 Mei 2011 | 09:56 WIB
Dibaca: 2016
Cucak hijau sering pasang surut di arena lomba

Redaksi majalahburungpas, spesies burung cucak hijau di mata kicau mania adalah salah satu burung yang di sukai hingga sering di lombakan. Pemilik nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini ketika di alam bebas juga sering di kenal cica daun besara dengan warna tubuh memiliki warna dominan Hijau.

Spesies ini masuk dalam suku Chloroseidae,yang berkerabat dekat  dengan burung Cipoh (Aegithina spp) burung ini juga memiliki bahasa Inggris Greater green leaf bird. Jenis jenis cica daun di Indonesia terutama, umumnya juga di kenal murai daun. Hal ini terliha, bila kita sedang mengukur badan burung akan di dapati berukuran sekitar 13 cm bila di ukur dari posisi paruh hingga ekornya.

Cucak hijau memiliki yang memiliki ciri khusus yaitu berwarna bulu hijau, paruh hitam hingga bulu di leher adalah khasnya. Pemirsa, burung cucak hijau ini,biasanya hidup secara individual,dan mampu menyebar di tempat yang cocok baginya.

Di Indonesia seperti Jawa,Bali, Kalimantan dan sumatra di dapati masih bercokolnya burung ini. Hutan yang rimbun dengan dataran tinggi sekitar 1000 m dpl, bisa membuatnya lebih betah, hingga berkembang biak secara alami. Sedang untuk mencari makanan, burung ini sangat suka akan buah-buahan, semisal  pisang, Apel, pepaya Duwet,dan sebangsanya sebagai makanan pavoritnya.

Makanan kesukaan yang lain, belalang, ulat, dan beberapa jenis serangga, juga di minati, akan tetapi bagi yang  tidak beracun. Semaraknya lomba burung di Indonesia, telah mengubah keberadaan burung ini, hingga di ambang batas, sebab penangkapan secara terus menerus dapat menurunkan jumlah di hutan.

breeding yang ada masih sulit untuk di kembangkan, bahkan jarang yang membidik usaha breeding cucak hijau sebagai salah satu cara untuk melestarikannya, apalagi secara professional masih minim.

Di belantikan lomba ocehan, hun 2011 ini  sepertinya telah mengalami pasang surut di arena lomba, hal ini terlihat cucak hijau yang sering di sediakan panitya, kadang masih tersisa atau full, ini pula yang menandakan gairah dan penghobi cucak hijau sedang naik turun.

 Alasan yang lain,meskipun ocehannya bisa variatif, akan tetapi warna yang tak pernak berubah serta menurunnya harga jual, membuat burung cucak hijau akhir-akhir ini tambah fluktuatif, di akui oleh kicaumani tidak semua daerah mengalami demikian, akan tetapi ini merupakan cermin  yang tak jauh berbeda dengan kenyataan.

Info majalahburungpas.com yang mengolah berbagai sumber akan keberadaan burung cucak hijau,sepertinya memang lagi dingin, sehingga di pasaran untuk piyik hanya di jual sekitar Rp. 150.000 s/d 200.000.

Sedang harga piyik yang sudah berbulu trotol, bisa berharga Rp.300.000 san.  Untuk dewasa yang jenis kelaminnya panti jantan, di patok hanya 400.000 s/d 600.000.

Meskipun di pasaran harga agak drop, akan tetapi bagi burung yang juara di lapangan, masih cukup tinggi, walaupun juga agak menurun.Burung cucak hijau ini juga terbilang bernyali bagus dan lincah serta pandai menirukan burung lainnya, apalagi burung di master secara khusus, keadaan bisa lebih pintar. "Nah apakah anda penyuka burung ini ? Bila Yaa.. mungkin info ini bermanfaat bagi anda.(red)  

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch H. Ali Badri Membangun Kebersamaan di Hobi Perkutut in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16048910 Page View
    Visitors   825499 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online