Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Sambatan Ala Warga Pucung Wukirsari Bantul Dalam Membangun Rumah Naikan Suwunan

Sabtu, 25 April 2015 | 09:20 WIB
Dibaca: 1802
Sambatan Ala Warga  Pucung Wukirsari Bantul  Dalam Membangun Rumah Naikan Suwunan
WARGA KENDURI DI TEMPAT BAPAK KARMAN ACARA NAIK AS RUMAH (SUWUNAN)

Media online majalahburungpas.com halaman sosial, ketika wartawan melintas di kerumunan jalan kampung di depan salah satu warga Pucung karangtalun Bantul jumat 24 april 2015, di hentikan warga tentu saja kaget dengan pemberhentian sehingga media menuruti kemauan warga.

Nah apa yang minta warga ?? eee,  ternyata warga mengajak kenduri wartawan di acara membangun rumah. Mereka warga baru istirahat dan bancaan naikan as rumah (suwunan) milik Karman di Rt 02 pucung wukir sari imogiri bantul.

Ketika awak media menanyakan acara yang ada,pemilik rumah  Sukarman menjelaskan, ini sambatan dan gotong royong yang masih melekat di hati penduduk setempat.

Gotong royong ini mampu menumbuh kembangkan solidaritas, kegiatan seperti ini bagi saya sebagai orang yang tidak mampu sangat - sangat membantu.

selain itu juga dapat menekan biaya, manfaat lain melestarikan kebudayaan dan rasa kebersamaan sebagai orang jawa yang nguri-uri kebudayaan. "kata Karman (55 )

Acara seperti ini tetap eksis sehingga kami pertahankan demi kepentingan bersama dan untuk menjaga regenerasi yang akan datang.

Monggo pak dinipun unjuk benteranipun ugi monggo ingkungipun dipun uwil uwil lajeng di dahar "kata para pembagi tugas dalm kenduri tersebut. (mari pak minuman teh panas dan juga ingkung ayam jawa di cuil cuil dan di makan).

Setelah racikan ingkung dan nasi uduk di kemas dalam wadah besek, satu persatu warga pulang dan membawa berkat yang berisi nasi uduk, ikan, ayam sayur, tempe, telur dan masih banyak yang lain di jadikan satu di wadah tersenbut. "tak terkecuali wartawan juga di kasih "terima kasih pak "nuwun nuwun dan pamit kata mereka.

Soal bancaan dengan kenduri juga sudah menjadi tradisi sebagai bagian andum rezeki (bagi bagi rezeki dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa "pungkas karman, di sela sela mendengar keributan

Terkait banyaknya debt collektor yang akan dan sering beroprasi berusaha mengambil paksa motor kreditan milik warga di sekitarnya yang di anggap macet.

Debt collektor memang meresahkan Mas, karena kemarin ada yang mau memaksa ambil motor, tetapi kadung di kepung maka tidak jadi "pungkasnya. fid/run.


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara angguangan burung derkuku senopati ring salsabila in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17575722 Page View
    Visitors   905523 Pengunjung
    Visitor Online   6 Pengunjung Online