Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Hewan Qurban apakah harus Jantan ?

Minggu, 6 November 2011 | 00:48 WIB
Dibaca: 3784
Hewan Qurban apakah harus Jantan ?
SAPI JANTAN UNTUK QURBAN LEBIH UTAMA

Media online majalah burung pas.com Berqurban bagi masyarakat muslim di hari raya Idul Adha bagi yang mampu merupakan wujud keiklasan terhadap Alloh SWT. Berqurban memang  ada tata caranya sesuai anjuran Islam yaitu hewan harus sehat dan memiliki daging.

Dimasyarakat awam/atau bagi yang kurang paham dalam berkorban terkadang sering ada keharusan, semisal ada yang berpendapat hewan harus jantan ? Nah bagaimana yang benar ? berikut ulasan tentang itu, berqurban tidak ada ketentuan jenis kelamin hewan qurban, Boleh jantan juga boleh betina.

Dari Ummu Kurzin Radhiallohu ‘anhan Rosululloh, SAW. Bersabda, yang artinya, Aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing, dan anak perempuan satu kambing, sehingga tidak jadi masalah jantan dan betina  ( Hr Ahmad 27900 dan An Nasai’ 4218, dan di shakhihkan Syaikh Al –Albani)  jadi berdasarkan hadis ini, As saerozi As Syafi’I mengatkan “ Jika di bolehkan menggunakan hewan betina ketika aqiqah berdasarkan hadist ini, menunjukan bahwa hal ini juga boleh untuk berqurban’(al mahzab 1/74)

Melihat perkembangan di masyarakat, pengguna pada umumnya adalah hewan qurban jantan, dan itu memang lebih baik,disamping juga jantan lebih mahal di banding hewan betina, oleh karena itu tidak harus hewan jantan, namun yang di utamakan adalah jantan “team redaksi”  


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkututnya raih prestasi H.Gunawan bekasi di grujuki air hingga basar kuyub in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17456739 Page View
    Visitors   899064 Pengunjung
    Visitor Online   7 Pengunjung Online