Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Kata kasar dan saling tuding "jadi pendidikan untuk di cermati

Kamis, 2 April 2015 | 15:44 WIB
Dibaca: 1397
Kata kasar dan saling tuding "jadi pendidikan untuk di cermati
KOHBING/HERIANTO KURNIAWAN

Media online majalahburungpas.com, info umum nasional dari judul di atas pastilah ingatan kita langsung tertuju kepada Gubenur Jakarta Ahok dengan Haji Lunglung yang menjadi trend topik di media sosial beberapa waktu lalu hingga dipergunjingkan sampai luar negri.

Sebelum kita membahas kata kasar dan tidak beretika tersebut marilah kita tinjau ucapan kasar apa yang telah terlontar dari bapak seperti penyebutan kata maling, nenek lu, goblok, dan  sebagainya.

Kata – kata tersebut sebenarnya kalau diucapkan di kalangan keluarga orang Tionghoa tidaklah aneh, jadi ini terasa aneh karena selama ini jarang ditemui pejabat atau pemimpin dari kalangan Tionghoa.

Salah satu pengamat Kohbing/Herianto kurniawan Jogjakarta, Setahu Dia ayah dan neneknya juga sering mengucapkan kata serupa kepada anaknya bila dianggap salah. Mengapa kata – kata kasar itu bisa keluar dari orang yang mengucapkan pastilah ada sebabnya.

 Bila tidak kata kasar yang berupa umpatan dari rasa kesal yang sedang marah kepada orang lain pastilah didahului oleh perbuatan yang dianggap salah, bahkan tidak menyenangkan seperti peristiwa yang dianggap merugikan, contoh , anak / karyawan sering bolos, merusak / menghilangkan barang, kesalahan yang berulang sampai korupsi.

 Ditinjau dari hukum bila seseorang mengeluarkan kata – kata kasar kepada orang lain dan orang yang lontari dengan kata kata itu kadang tidak  tidak terima dan melakukan laporan kepada pihak yang berwajib, hingga menggunakan pasal dengan pasal perbuatan yang tidak menyenangkan yaitu pasal 335 KUHP.

Sebenarnya pasal ini sudah dihilangkan atau dihapus oleh MK dan apa yang di putuskan oleh MK dianggap sudah final dan harus dihotmati oleh instansi hukum dibawahnya.

Perbuatan tidak menyenangkan ini bila tidak disertai dengan ancaman yang sifatnya membahayakan pribadi yang diancam maka perbuatan ini tidak dapat diproses secara hukum.

Perbuatan tidak menyenangkan yang disertai dengan penganiayaan ringan sampai berat bila dilanjutkan atau diptoses secara hukum tetapi pasalnya berubah dan memakai pasal penganiayaan. Pasal tidak menyenangkan dalam pasal 335 dianggap pasal karet maka pasal ini dihilangkan oleh MK.

Dan lagi perbuatan tidak menyenangkan untuk kalangan tertentu dianggap tidak mengikat dan kriterianya menjadi kurang jelas maka sekarang bunyi pasal 335 sebagai berikut :  di Ubah barang siapa secara sengaja melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu dengan memakai kekerasan atau dengan ancaman kekerasan baik terhadap orang itu sendiri mapupun orang lain. Maka sangsi adalah ancaman hukuman untuk pasal 335 ini adalah 1 tahun atau denda yang relatif kecil.

Perbutan dari oknum DPRD yang menjadi lawan Ahok sudah diteruskan atau dilaporkan ke KPK jadi pastilah kita tunggu hasilnya bersama, kita sebagai warga negara hanya berharap hukum harus di tegakkan tanpa pandang bulu.

Menutut hukum ada azaz praduga bersalah yang artinya seseorang baru dianggap bersalah bila sudah diputuskan oleh peradilan dan sudah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Perlu diingat dan digaris bawahi kalau pertentangan antara Ahok dengan DPRD bukan merupakan pertentangan antar etnis dan kantor DPRD, tapi antara oknum eksekutif pelaksana Gubenur dengan oknum Susunan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) yang di duga berkolusi dengan oknum DPRD , kemudian menurut Ahok telah merugikan negara lebih dari 12 Triliun, bahkan bila dihitung dari tahun 2012 negara sudah dirugikan 40 Triliun lebih. Kita tunggu saja hasil laporan ke KPK tersebut.

Negara bisa maju bila korupsi di berantas “kata Kohbing yang kali ini mau memaparkan  seperti di atas. Di unggah tim red”


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Reog gagrak mataram remaja putra dengan variasi tarian yang berbeda in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17118746 Page View
    Visitors   882866 Pengunjung
    Visitor Online   15 Pengunjung Online