Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Rasulan Jolo Sutro Piyungan 2015 "Gunungan Kupat 3 Menit Ludes di Jadi Rebutan Masa

Selasa, 11 Agustus 2015 | 10:14 WIB
Dibaca: 1783
Rasulan Jolo Sutro Piyungan 2015 "Gunungan Kupat  3 Menit Ludes di Jadi Rebutan Masa
KUPAT DI GREBEG JOLO SUTRO PIYUNGAN LUDES DALAM SEKEJAB

Bantul-media majalahburungpas.com, warta budaya Senin 10 Agustus 2015 di Jolo Sutro Piyungan Bantul berlangsung kirab budaya dan rasulan.

Acara ini cukup meriah dan di hadiri banyak warga bahkan upacara pelepasan di lpangan jolo sutro juga tetap hikmat.

Usai pelepasan bregodo peserta kirab dan warga langsung menuju komplek masjid dan makan sunan geseng di kawasan atau di bawah gunung basiran. Arak-arakan kirab bregoto berjalan dengan kendaraan sejauh 2 km menaiki jalan cor hingga ke komplek makam atau petilasan Sunan Geseng.

Surakso Suwanto ssalah satu Juru kunci makan Sunan geseng kepada media pastvnews.com, menerangkan tradisi kupatan jolo sutro sudah berjalan sejak dulu dan merupakan peninggalan Sunan geseng. Kemudian tradisi ini dulunya bagian dari syiar islam dan berlanjut hingga sekarang.

 

BEREBUT GUNUNGAN KUPAT 2015 DI GREBEG JOLO SUTRO

 

Yang menarik kata Juru kunci makn tersebut, setiap tahun saat akan ada grebeg kupatan jolo sutro ada hujan, dan  malam minggu  jam 02.00 dinihari juga hujan rintik rintik di sekitar makam, “papar Dia.

Ibu Paimin warga Pandeyan mengatakn Grebeg kupatan tahun 2015 terbilang meriah apalagi ada gunungan kupat dan di isi beragam buah dan makanan serta uang dua ribuan dan 5000 jadi sorotan warga untuk diperebutkan.

 Untuk  Gunungan Kupat setiap KK di bebani 5 kupat sehingga saat di kumpulkan menjadi gunungan seperti ini, dan hasilnya kupat yang terkumpul terdiri dari 4 RT bisa menjadi ikon dari dusun dan accara kupatan tahun 2015.

kedepan akan di perbesar pungkas Ibu Paimin saat mengawal Kupat dalam clolt bukaan tersebut. Fiq/nur


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Lomba perkutut Pengda Cup Solo kelas dewasa senior 16/11/2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16048662 Page View
    Visitors   825486 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online