Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Merti Dusun Sendangsari usung 4 gunungan untuk di rayah

Rabu, 19 September 2012 | 20:02 WIB
Dibaca: 2451
Merti Dusun Sendangsari usung 4 gunungan untuk di rayah
kirab budaya usung 4 gunungan hasil pertanian untuk di perebutkan

Kirap budaya merti dusun Rabu 19 September 2012 pedukuhan Sendangsari Terong Dligo Bantul cukup semarak di gelar.

Menurut Dukuh Sendang sari Prosesi gelaran acara ini dalam rangka bersih dusun serta sebagai bagian dari wujud Syukur kepada Yang Maha Esa atas kelancaran di segala bidang sehingga setiap setahun sekali ada kirap budaya dan kenduri besar.

Sebelum acara di mulai sebuah arak -arakan berjalan yang berjalan kaki dan bermobil motor dan mengarak 4 gunung berupa hasil pertanian star dari selatan masjid hingga keliling kampung dan berakhir di sendang lokasi  di gelar tampak meriah. 

Tokoh masyarakat yakni Dukuh mengungkapkan acara ini sudah di mulai sejak satu minggu dengan berbagai kegiatan termasuk aneka lomba dan olah raga.

Dan untuk acara puncak memang hari ini dengan mengarak hasil bumi yang telah di susun kemudian di tempatkan di jodang selanjutnya di pikul menuju kawasan areal pertanian atau belik sendang untuk di berikan doa.

4 gunungan tersebut kemudian di bagikan kepada masyarakat yang hadir, “kata bapak kepala Dukuh ketika memberikan komentarnya kepada Pas tv dan majalahburungpaas.com.

Sedang Kepala desa dalam sambutannya berpesan, agar kegiatan di lestarikan karena mampu mempertemukan keluarga dan handaitaulan serta menambah dekat semuanya, selain ini merupakan budaya yang baik untuk anak muda untuk di lestarikan “tambah Bapak Lurah di hadapan warga dan tamu undangan tersebut.

Dari pantauan pas tv prosesi kirab budaya merti dusun ini rangkaiannya adalah  doa kemudian di lanjutkan bagi –bagi nasi dalam sarang/anyaman daun kelapa kepada tamu undangan disamping 4 buah gunung yang berisikan beragam hasil pertanian seperti, kacang pandang,nanas, padi, buah-buahan,dan lainnya segera di serbu atau menjadi rayahan pengunjung.

Ribuan warga yang sejak pagi mempersiapkan untuk mengikuti acara merasa puas dan gembira sebab selain dapat bertemu teman dan saudara juga mendapat bagian rezeki dan berlibur melihat kesenian daerah yakni Turongo bambu atau jaran kepang alias Jathilan, yang di mainkan oleh anak-anak laki-laki dan perempuan.

Di akhir perbincangan dengan media ini usai main kuda lumping malamnya ada pertunjukan wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Kuat dari Gunungkidul “tutup pak Kadus seraya menutup perbincanganya. "team peliput"

 

sedang memberikan sambutannnya yaitu Bapak lurah dan dukuh, Gunungan di arak keliling kampung menuju sendang/sumber air


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara anggungan burung derkuku durek juara 3 kali nasional 2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17281487 Page View
    Visitors   890772 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online