Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Desa Wisata Pucung Rejo Wukirsari Imogiri orbitkan kembali kesenian ketoprak mataram

Jumat, 6 Januari 2017 | 16:25 WIB
Dibaca: 7808
Desa Wisata Pucung Rejo Wukirsari Imogiri  orbitkan kembali kesenian ketoprak mataram
JEJER PRABU LISMU BAHAS

Media hobi majalahburungpas.com, info umum warta seni dan budaya  sebuah kesenian yang masih eksis yakni ketoprak matram kembali di angkat ke tataran publik oleh desa wisata pucung rejo.

Kala itu 24 Desember 2016 pentas untuk kedua kalinya mengambil lokasi di Nogosari II RT 011 dan antusias penonton cukup menggembirakan.

Dari hasil pantauan awak media ini pentas ketoprak bisa di bilang masih jarang padahal pra reformasi cukup bagus dan menjadi kesenian yang banyak di minati warga.

Di akui kesenian daerah merupkan kesenian yang cukup bagus dan bisa menjadi ciri khas dalam pelestarian seni budaya peninggalan nenek moyang orang jawa. Pentas ketoprak mataram ini para pemainnya 97 persen warga desa wisata pucung rejo dan cukup semarak.

Desa wisata pucung rejo memang memiliki program pelestarin budaya hal itu tercantuam dalam Aktanotaris dalam pendirian desa wiisata pucung rejo dengan lakon mekaring kembnag joyokusumo  menjadi topig dalam lakon tersebut.

Pra pentas sejumlah pejabat dari pemkab bantul dan tamu undangan menghiasi acara sehingga suasana tampak greng. Bupati bantul H.Suharsono melalui sambutannya yang di bacakan oleh camat imogiri Sigit subroto, di paparkan 'Pementasan  ketoprak mataram memiliki arti penting dan bermakna setrategis dalam upaya melestarikan dan sekaligus mewariskan budaya kepada generasi penerus.

oleh sebab itu kata Bupati bantul mengajak agar kesenian bisa menjadikan lahan untuk pembinaan dan sarana hiburan yang dapat menumbuh kembangkan rasa handarbeni masyrakat terhadap desa wisata pucung rejo yang memiliki kekayaan dan nilai nilai seni budaya yAng adiluhung, yang tentunya kedepan akan semakin menguatkan identitas diri desa wisata pucung rejo sebagai desa wisata jogja 'kata Bupati. Sementara itu Dewan pendiri desa wisata H.Ahmad SE ' dalam sambutan mewakili panitia dalam teks tertulisnya di jelaskan, pentas seni ketoprak mataram mengandung 4 inti, yaitu tontonan, tuntunan, tuntutan dan tatanan'  tim red

 

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Diklat Kunjungan ke salah satu Farm kenari 11 Mei 2013 di Jogjakarta in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17281549 Page View
    Visitors   890776 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online