Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Yuk Mengenal Karapan Sapi Madura

Rabu, 11 Maret 2015 | 07:31 WIB
Dibaca: 3085
Yuk Mengenal Karapan Sapi Madura
dok foto lukisan karapan sapi madura

Madura-majalahburungpas.com, halaman penggemar karapan sapi, tentu pemirsa ada yang tahu di pulau madura di kenal dengan adanya sapi sapi bagus yang sering di pakai untuk lomba karapan sapi.

Ajang festival karapan sapi tersebut sudah menjadi budaya sehingga banyak di manfaatkan untuk menarik wisatawan untuk berkunjung di pulau garam tersebut.

Karapan sapi menjadi lebih menarik tatkala sapi itu juga di hias dan saat berada di lapangan lomba mampu lari kencang setelah joki bisa menyetir sapi besutannya. 

Karapan sapi merupakan  acara khas dan unik masyarakat pulau Madura dan acara sering di gelar setiap tahun bulan Agustus atau September. Event seperti ini akan berlanjut kembali untuk berlaga di final akhir bulan September atau October.

Pantauan yang pernah majalahburungpas.com lihat, Karapan sapi unik tersebut  di laga tanding di piloti seorang joki pria, dengan suara mulut dan pecut agar mampu lari kencang sampai di finis.

Lomba karapan sapi biasanya akan melintasi track 100 meter dengan batasan 1 menit. Bagi sapi yang bagus akan mampu menempuh jarak tersebut kurang sari 15 detik.

Karapan sapi juga di kenal dengan pesta rakyat yang prestis dan mampu mengangkat pamor setatus sosial mereka warga madura.

Jika menonton prosesi karapan sapi, maka warga mengkirab dengan mengarak pasangan-pasangan sapi yang akan di konteskan di jalan jalan umum yang diiringi gamelan khas Madura yakni Saronen.

Tentu pertandingan karapan sapi pada babak pertama adalah babak penyisihan yang akan di dapat kelompok kalah dan menang.

Memasukai babak kedua maka penilaian group pengorbitan group yang menang. Dan ketiga penyematan piala bergilir yaitu presiden di berikan kepada pemilik/group pemenang.

Yang menarik sapi sapi yang di pakai tak hanya sekedar sapi akan tetapi merupakan sapi pilihan yang terlatih. Karuan saja sapi memiliki kekuatan bagus selain juga karena di berikan jamu jamu kuat agar sapi tetap bugar dan top.

Keberadaan sapi juga akan melambung setelah mampu meraih prestasi di ajang bergengsi.

Sapi karapan dalam perawatannya juga cukup spesifik karena sepasang sapi membutuhkan asupan menu senilai sekitar 3 juta hingga 5 jutaan rupiah.

Jamu jamu yang di racik adalah jamu kuat yang di dalamnya ada telur bebek, ayam yang berkualitas dan masih di tambahan dedaunan alami.

Ajang karapan sapi ternyata mampu menjadi salah satu pilar warga madura dalam menaikan brand produk sehingga berimbas ekonomi membaik karena jualan sapi cukup menjanjikan, betapa tidak, harga jual sapi berprestasi mampu tembus puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah. “Sug/nur


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch tips memilih induk dan piyik berkualitas in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16360407 Page View
    Visitors   844252 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online