Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Tanya jawab, Bagaimana menjaga kesehatan kenari agar tampil gacor di lomba ?

Sabtu, 13 Agustus 2011 | 22:41 WIB
Dibaca: 8437
  Tanya jawab, Bagaimana menjaga kesehatan kenari agar tampil gacor di lomba ?
BAGAIMANA AGAR GACOR ?

Majalahburungpas.com, Tanya jawab, Begini Pak pengasuh rubric “ocehan, saya penggemar pemula Kenari saya menanyakan kepada Pak pengasuh :

1    Bagaimana menjaga kesehatan kenari agar tampil gacor di lomba

2    Apa perlu asianan untuk kenar ??  serta asinan berupa apa??

Pengasuh menjawab :

Makasih saya ucapkan yang telah merespon rubric seputar ocehan semoga jawaban bisa ngatasi masalah. Begini yaa..  Selain bakalan materi kenari yang berkualitas, perawatan mandi, jemur, dikerodong. Juga perlu diumbar di kandang polier secara rutin.

Perhatikan juga pakan yang anda diberikan,harus yang berkwalitas,misal pakan tidak tengik, maka kunci suksesnya pemberian pakan kepada kenari tersebut terletak pada variasi dan tingkat kesegaran makanan yang diberikan,semakin segar dan bervariasi makanan yang diberikan, tingkat kesehatan kenari akan semakin baik.

Ini berarti biji – bijian, kacang – kacangan, pakan hijauan, grit, makanan telur dan kecambah harus diberikan secara bergantian dan dalam kondisi yang sangat segar.

Penangkar yang sangat profesional sudah memakai serta menanam jenis tanaman biji – bijian, kacang – kacangan, dan sayuran tertentu agar dapat diberikan secara langsung dari ladang kepada kenari. Jenis pakan tertentu yang disajikan segar tersebut dapat merangsang proses perkembang biakan secara berkelanjutan.

Memang Asinan dibutuhkan karena ini untuk menambah kekebalan dan juga bisa mengurangi kanibal atau garang ( Grit, tulang sotong ) amat dibutuhkan kenari untuk menjaga tulang menambah kalsium.burung tersebut.

Di alam bebas, hampir jenis burung pemakan biji – bijian mencari dan memakan bebatuan halus atau butiran pasir halus untuk membantu proses pencernaannya. Perlu kita perhatikan contoh bila kita membelah tembolok ayam  tentu di sana jug ada batuan kerikil kecil dimana kegunaan ini untuk membantu proses pemecahan makanan yang agak kasar, nah demikian juga pada hewan lain termasuk burung ini grit dibutuhkan dalam  Struktur system pencernaan tubuhnya menghendaki demikian.

Sekarang dengan kecerdasan peternak walaupun sudah bisa menangkarkan hampir selama lebih dari 500 tahun, kenari tidak mengalami evolusi dalam system pencernaannya,maka Grit mempunyai peran yang tetap dibutuhkan sebab  struktur pencernaanya memang membutuhkannya.

Burung anda sebainya biasakan untuk sesering mungkin guna melatih mental terlebih dahulu sebelum masuk lomba sebenarnya.

Penannya

Hartadi DS Kincang – jiwan Madiun Jatim (pertanyaan yang sama juga datang dari Nanda di Brengkelan Purworejo Agus Kebumen, Bambang Semarang, dan Agus Kutoarjo ( 085292910611 ).terimakasih atas jawabannya semoga kolom ini menjadi pas buat para penggemar ocehan dan juga  pas buat ocehan orangnya.

 

Bapak pengasuh rubric yang selalu Pas tanya  nich  tentang keadaan burung saya, begini yaa  oom.. saya pakai bahasa familier aja ya biar pas :

Saya memelihara Anis Merah sudah gacor sekali, tapi saat tampil di lomba atau dilatih lomba kenapa jarang teller. Bagaimana solusinya ?Bagaimana merawat murai batu saat ganti bulu agar usai nguraknya tampil lebih prima ?Burung nuri bagus untuk master atau tidak ?

Demikian pertanyaan saya mewakili mereka, atas penjelasannya diucapkan terimakasih. Salut dan sukses Buletin PAS  agar maju terus !!.

Penannya : Agung Yogya, Totok Tambakan Wonosobo, D. Wahyudi, SE.MMA Jatimulyo TR I/325 Yogya dan H. Kiswan Jl. MT. Haryono 159 Malang  Jatim

Jawaban dari pengasuh rubric seputar ocehan :

Kawan,yang juga terhormat, “Karena factor dasar pembawaan burung anda tersebut yang memang tak mau teller. Adanya pengaruh nutrisi atau kandungan makanan yang kurang bergizi bagi kebutuhan tubuh.

Untuk itu berikan tambahan makanan berupa cacing tanah dan jangkrik sebagai ekstra fooding nya. Jangan lupa mandi – jemur cukup.

Kemungkinan besar burung Anda kurang stabil mentalnya. Kadangkala agak sulit bahkan tak akan bisa mengubah sifat anis merah yang bertingkah. Namun ada kemungkinan nakalnya karena terlalu birahi maka bisa di ubah dengan mengurangi extra fooding.

Agar anis merah stabil telernya, sebaiknya di trek dulu sebelum di gandeng atau di tarungkan. Trek adalah mempertemukan anis merah sejenis dalam waktu tertentu ( 5 – 10 menit ) dengan jarak berdekatan.

Merawat murai batu saat ganti bulu sebagai berikut :

Pemberian kroto atau extra fooding lain terlalu berlebihan menyebabkan over metabolisme dalam tubuh, hingga berakibat kerontokan bulu karena kandungan energi terlalu banyak disimpan. Takaran kroto yang anda berikan sudah cukup namun kalau bisa dikurangi. Atau paling tidak idealnya dalam sehari berikan separuh tempat kroto kecil ( cepuk ).Murai batu termasuk burung yang sangat cerdas hingga mudah sekali menirukan lagu burung lain dengan variasi yang istimewa.

Termasuk suara nuri yang ada di sekelilingnya tentu akan direkamnya pula. Suara nuri jelas akan merusak suara murai batu karena lagu – lagu yang dibawakan nuri tidak beraturan sehingga untuk burung lomba kurang disukai. Perawatan jemur bagi murai batu yang sedang ngurak ( rontok bulu ) adalah wajib dilakukan.

Untuk waktu penjemuran 2 – 3 jam mulai rentang pukul 07.30 – 10.30 sedangkan burung yang lagi tumbuh bulu ( sulam ) sebaiknya ditambah waktu mendinya sedangkan jemur rutin seperti perawatan harian.

Murai batu memang sukar mandi sendiri dalam bak keramba. Seiring pada penggemar murai batu harus menyemprot dengan handsprayer lebih dulu untuk memancing agar mau mandi. Selain itu dibutuhkan bak dengan ukuran lebih besar dari pada bak mandi untuk burung kebanyakan.

Jangan biasakan untuk memasukkan tempat air dalam sangkar karena merusak bulu ( terutama ekor ) karena ukurannya tidak sepadan.

Pada dasarnya burung nuri bisa di jadikan salah satu burung master namun anda lihat dulu suara nuri itu pantas ndak bila jadikan sebagai master,sebaiknya juga burung yang mau di master  tersebut juga belum cerdas.demikian jawaban oom yaa..Bila masih kurang memuaskan jawabannya,  silahkan tanya lagi syukur di kirimi foto anda sehingga  anda di muat  agar lebih yahuut.

Dengan mengirim  foto lewat Email majalahburungpas@gmail.com, atau via kolom komentar .

 


Berita Terkait


1 Komentar


yanna
Senin, 21 Oktober 2013 | 23:08 WIB
salam kenal om..., sy mmpunyai KN F3 holland blackred factor jantan ( kata yg jual dgn pasti ), tp fosturnya sedang,volume kecil dan pendek, apa iya sprti itu ? dan kl sy silangkan dgn KN LS, nnti hasil dr persilangan tsb dpt diistilahkan dgn apa ? mohon pencerahannya, dan terimakasih banyak...
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kesenian Tradisionil Warok Joyo Mangkuro Patuk Gunungkidul menghibur wisatawan in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17118728 Page View
    Visitors   882866 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online