Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Tips memilih merpati untuk lomba

Kamis, 19 Mei 2011 | 09:38 WIB
Dibaca: 12010
Tips memilih merpati untuk lomba
Tips memilih Merpati kontes

Redaksi majalahburungpas.com. Beberapa tips memilih merpati berkualitas bagi Penggemar burung merpati dalam menyeleksi sangat di butuhkan baik variasi bulu maupun dari segi geraknya, apalagi merpati tersebut buat di lombakan. Tips Memilih merpati berikut                                                                                                                                                                      Biar mudah lihat lekuk kepala dengan membandingkan dengan paruh. Sementara ukuran kepala tidak terlalu besar berdiameter 5 cm. Bealitas peternak jauh lebih susah merawatnya.

Menentukan pilihan merpati banyak cara. Dan berikut ini bagian dari penyeleksian merpati itu. Pilihan untuk gaya yang menukik bagi merpati juga berbeda – beda, ada yang bergaya “ biasa “ 2  s/d 3 m sebelum mencapai tanah, ia telah membuka sayap. Ada pula yang menutup sampai tanah, sehingga penampilannya bagai meteor. Gaya ini yang disukai penggila merpati tinggian. Untuk mendapatkan merpati seperti ini ada tips khusus sebagai berikut :

Jidat Menonjol

untuk kepala seperti ini menunjukkan burung cerdas. 

Leher                     

Kalau bisa jangan terlalu panjang sekitar 6 – 7 cm. ( Bisa dilihat saat burung dipegang ). Leher pendek ini memudahkan burung menekuk lehernya sehingga bisa bergaya tubler dari atas sampai menyentuh tanah.

Mata

Mata yang banyak disukai adalah mata jagung. Mata jagung memiliki ciri pupil hitam pekat alias tidak pecah. Sementara warna kuning disekitarnya harus jernih dan bersih. Mata seperti ini memiliki kemampuan terbang pagi, siang, dan sore hari. Sementara karakteristik mata lain ialah pupil hitam, warna kuningnya sedikit memerah.

 Tanda ini berarti burung tersebut memiliki mata jawa ( Tipe seperti ini biasanya bagus terbang pada sore hari ).Tipe mata terakhir ialah mata pillow. Mata seperti ini memiliki dominan putih. Sementara pupil kecil berwarna hitam. Mata seperti ini tidak kuat saat matahari memancar terik, hanya bagus terbang pagi dan sore saja.

Sayap Rapat

Bulu sayap harus rapat kalau dibeberkan, sementara ujung bulu harus membulat. Hal ini mempengaruhi kecepatan burung saat terbang. Selain kerapatan, kelengkapan bulupun harus diperhatikan karena bila tidak lengkap kecepatannya akan jauh berkurang.

 Tulang Dada

Tulang dada harus pendek kira – kira seperti membentuk huruf “ C “ bila ibu jari dan telunjuk meratai. Guna dada kecil adalah memperkecil terpaan angin saat menukik. Sehingga hambatan angin menjadi kecil. Selain itu dada yang pendek sering dimiliki burung bergaya terbang cepat.

Capit Urang

Capit urang jangan yang terlalu rapat atau terlalu renggang. Bila terlalu rapat tulang tersebut akan menjepit pantat burung sehingga kesakitan. Sebaliknya bila terlalu renggang maka daya dorong burung ini sangat lemah, apalagi buat tarikan dan lomba)

Burung berkaki kering begitu dilepas oleh joki akan langsung terbang tanpa “mendok Kaki Kering

 “.(fiq/nur)


Berita Terkait


1 Komentar


hermancianjr
Selasa, 15 November 2011 | 16:08 WIB
trmksh berita'y sgt mnrik!
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara merdu burung jawara derkuku nasional Bodronoyo 2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17281611 Page View
    Visitors   890782 Pengunjung
    Visitor Online   4 Pengunjung Online