Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

ISEI Berharap Kue Pembangunan Bisa Dinikmati Pemerintah Daerah.

Senin, 15 Oktober 2012 | 09:21 WIB
Dibaca: 1017
ISEI Berharap Kue Pembangunan  Bisa Dinikmati Pemerintah Daerah.
konfrensi ISEI

Warta kampus-majalahburungpas.com, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sukses mengelarkongres ke XVIII di hotel RIch Yogyakarta yang dibuka oleh Wakil Presiden, Budiono baru-baru ini.   Agenda kongres selain memilih ketua umumISEI, yang akhirnya terpilih kembali Darwin Nasution juga menghasilkan beberapa rekomendasi.

Dalam  jumpa Pers yang di gelar seuasi penutupan Darwin Nasution mengatakan hasil rekomendasi tersebut  antara lain kebijakan desentralisasi atau otonomi daerah merupakan suatu pilihan yang tidak dapat terbantahkan karena partisipasi dalam bidang peran social ekonomi memerlukansistem ekonomi dimana daerah harus mengambil peran yang lebih besar.

Diakuinya adanya keleluasaan pemerintah daerah dalam penggunaan sumber daya fiscal yang memang ada dampakpositifnya namun dibalik itu masih ada dampak negative,yakni masih adanya kesenjangan ekonomi yang terjadi di daerah dimana akseskepada pemerintah hanya dimiliki oleh  segelintir orang di sekitar kekuasaan politik.

Dicontohkannya, dampak negative tersebut antara lain belanja pegawai, berupa gaji, serta belanja rutin untuk keperluan birokrasi yang mencapai 80%. Sehinggadi sini masyarakat seolah menjadi obyek.

Melihat dampak negative tersebut, lanjutnya, ISEI berharap paling tidak30% dana dariAPBD diatur oleh pemerintah pusat dan diwajibkan kepada pemerintah daerah agar disalurkan ke pembangunan ekonomi masyarakat,terutama infrastruktur dengan mempertimbangkan kemampuan daerah dalam merealisasikan untukkesejahteraan masyarakat.

Lebih jauh Darwin mengungkapkan hal terpenting dalam otonomi daerah yaitu dapat meningkatkan kapasitas ekonomi daerah. Sehingga nantinya daerah akan mampu mengoptimalkan perfoma sumber daya dengan baik.

Dalam penutupan kongres ISEI XVIII,panitya kongres juga menyampaikan untuk pelaksanaan Kongres berikutnya akan dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara. **anjar


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Diklat Kunjungan ke salah satu Farm kenari 11 Mei 2013 di Jogjakarta in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16169760 Page View
    Visitors   833332 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online