Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Buka mata, buka telinga, lomba ayam pelung nasional akan di gelar di DIY

Senin, 11 Februari 2013 | 22:08 WIB
Dibaca: 2780
Buka mata, buka telinga, lomba ayam pelung nasional akan di gelar di DIY
DOK FOTO LOMBA AYAM PELUNG BANTUL SEMARAK

Kontes ayam pelung kembali marak, hal ini dapat di ketahui lewat majalahburungpas.com, dimana hampir setiap bulannya lomba di update.

Bahkan Menjelang perhelatan akbar kontes ayam pelung terbuka besar/regional, yang rencananya akan digelar pada 31 Maret 2013 mendatang menjadi topiq hangat di kalangan penggemar, sehingga Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Bantul terus mengiatkan latber.

Setiap bulannya sekitar 30 pelunger (sebutan peternak penggemar ayam pelung) dari Yogyakarta dan sekitarnya tampak antusias mengikuti gelaran,termasuk seperti halnya  latber yang di gelar di halaman Posdaya Palbapang Bantul mendapat kunjungan peserta yang cukup signifikan.

Ketua HIPPAPI Bantul, Agus Warsito di dampingi para pengurusnya, mengatakan dengan adanya latber yang digelar secara rutin ayam pelung akan terbiasa dalam segala kondisi. Sehingga ayam pelung akan tetap tampil prima serta siap dikonteskan.

Karena ayam pelung yang saat menyendiri terlihat bagus kadangkala saat “diadukan” biasanya akan mengalami down.

“Tidak semua ayam pelung memiliki mental yang bagus, dan ini boleh jadi saat di sendirikan biasa bersuara lantang, namun ketika dikontesnya justru ayam tidak berani bersuara” ujarnya.

Menurut perangkat desa Gilangharjo Pandak ini selain menguji mental dengan gelaran latber ini, para peternak maupun penggemar dapat mengetahui kualitas ayamnya.  Dimana ayam yang berkualitas tentunya akan mampu berkompetisi dengan baik saat dikonteskan.

Ditambahkannya gelar Ayam Pelung terbuka/regional dengan tema Projo Tamanasari Cup 2013 nantinya akan diikuti pelunger-pelunger dari berbagai daerah.

Seperti halnya penggemar ayam pelung dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan sebagian pelunger dari Sumatera, sudah menyatakan akan andil ikut dalam laga perang pelung tersebut, Dimana mereka akan membawa ayam pelung yang di miliki untuk di konteskan suaranya.

Ayam Pelung yang merupakan ayam asli Indonesia bahkan sudah dipatenkan ini keberadaannya memang belum sepenuhnya dikenal masyarakat secara luas. Satwa yang juga dilindungi Negara ini saat ini hanya dikembangkan oleh kalangan peternak maupun hobiis ayam pelung.

Dan HIPPAPI Bantul yang merupakan wadah peternak dan penggemar ayam Pelung tak henti-hentinya selalu mengkampanyekan keberadaan ayam asal Cianjur Jawa Barat ini. anjar

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara merdu burung jawara derkuku nasional Bodronoyo 2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17295228 Page View
    Visitors   891383 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online