Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Serat Wedharaga, merupakan karya Ranggawarsito

Jumat, 20 Mei 2011 | 07:30 WIB
Dibaca: 1746
Serat Wedharaga, merupakan karya Ranggawarsito
Paku Alam ke IX dan Anggiastri

Jogjakarta, majalahburungpas.com, Jum’at 8 April 2011 di ruang Parakarso Pakualaman Yogyakarta di gelar sarasehan dan diskusi menarik. Serat Wedharaga merupakan karya Ki Ranggawarsito yang dapat sebagai serat acuan untuk diskusikan kepada para hadirin.

Dalam acara diskusi panel berkaitan dengan surat wedharaga. Diskusi dan penelitian di khususkan kepada para kawula muda dan generasi, yang kini kurang paham akan pendidikan tata krama/ungah-unguh ( sopan satun dll) kejawaan.

Hadir para nara sumber, termasuk penulis yang mengupas lewat hasil penelitian, Anggiastri Hanantyasary Utami,adalah yang menilisnya,  sebagai bahan skripsi disamping tujuan tulisannya bisa lebih bermanfaat untuk membangaun generasi. Beliau Sri Paduka Paku Alam ke IX memberikan kupasannya sesuai tema penulis, selain membedah kebodohan yang telah lama di tekan oleh penjajah selama 350 tahun.

Penulis menyampaikan sesuai hasil ringkasan dan penelitiannya, bahwa serat Wedharaga sebenarnya memberikan Nasehat, pada anak muda untuk ngudari/melepaskan dan  mengarahkan perilaku buruk mereka serta memperbaiki dengan cara membiasakan diri dengan kebaikan.

Di antara petuah dan inti dari Serat Wedaraga ini, ada 36 anjuran bagi anak muda untuk mencapai kebahagian dan keberhasilan. Pertemuan yang di mulai sejak pukul 19.30, dan berakhir jam 22 Wib tersebut, cukup memberikan gagasan bagi para peserta diskusi.

Kawula muda maupun para peserta yang selain anak muda, secara hikmat,mereka juga banyak memunculkan tanya jawab, sampai betul betul paham, apa yang di maksud ajaran wedharaga yang di bahas tersebut.

Redaksi media ini akan memuat hasil dari tulisan dan diskusi, namun karena peneliti akan merevisi dan mengedit terlebih dahulu, maka redaksi kali ini hanya memuat sebagian yang di cuplik ( menunggu lebih komplit, masih akan di muat)

Dalam pertemuan ini “Kata salah satu panityanya Bapak Rimawan, Peserta kali ini sangat banyak dan memang peserta juga antusias mengikuti, di luar itu, acara juga di liput oleh beberapa media, Baik TVRI  Jogja, Jogja TV, majalah burung pas.com dan yang lainnya, "kami berharap ajaran yang baik ini dapat cepat tersebar melalui media sebagai bahan education "ujarnya.

Acara juga akan terus di gelar, tiap selapan sekali, atau hari Jum”at malam Sabtu Paing  dengan tema -tema yang lain, berkaitan dengan  Wedaraga yang tidak lepas dari tujuan yang baik buat pendidikan generasi muda “tutup Bapak Rimawan memberikan tanggapannya secara rilek dan serius ( fid )

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kicauan Cucakrowo Garapan Kohbing Lantang in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15589940 Page View
    Visitors   806845 Pengunjung
    Visitor Online   12 Pengunjung Online