Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Pantai wedi ombo Gunungkidul penghasil rumput laut

Sabtu, 10 Desember 2011 | 23:00 WIB
Dibaca: 2360
 Pantai wedi ombo Gunungkidul penghasil rumput laut
sarikun, petani pemungut rumput laut sering panen jutaan rupiah

Gunungkidul- majalah burung pas.com mewartakan, Pantai Wediombo yang cukup unik dan masih asri kini keberadaannya makin di kenal public, terlebih pantai ini memiliki panorama alam yang memikat bagi para pengunjung selain juga bermanfaat bagi warga di Gunungkidul.

Pantai dengan deburan ombak yang cukup asyik untuk lihat tersebut, bukan hanya memiliki alam yang oke, tetapi pantai ini juga kaya dengan hasil  laut yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dua pokok hasil laut yang sampai kini sudah di manfaatkan bagi warga sekitar ialah rumput lautnya, dimana hasil ini dapat di olah untuk campuran makanan atau agar agar keperluan manusia. Di pantai Wedi ombo ini juga terdapat para nelayan yang hilir mudik untuk menangkap ikan lautnya terutama sisi pinggir paling timur.

Keberadaan para nelayan ini terbilang belum lama, sebab adanya aktivitas nelayan terpantau baru sekitar tahun 1995, data ini kami peroleh di saat  redaksi di tahun tersebut pernah berkunjung yang memang belum ada para nelayan yang melaut, meskipun di akui sudah ada upaya nelayan yang mampu menerobos keperawanan pantai wedi ombo yang elok tersebut.

Hasil laut berupa rumput laut seperti penuturan bapak Sarikun yang di temui media ini, Ia  mencari rumput laut sejak 2 tahun terakhir. Dia mengatakan  aktifitas mencari rumput laut memang dapat menambah penghasilan sebab 1 kg kering di hargai sekitar Rp.5000 rupiah oleh bakul yang memesannya. 

pantai wediombo yang indah juga kaya akan rumput laut

Sarikun menambahkan, potensi rumput laut di Gunungkidul memang lumayan, namun kami masih keterbatasan teknologi dalam pengolahan, sehingga kami hanya mencari yang mudah yang siap jual saja.

Sejak subuh dan itu saban hari, saya musti harus kelaut untuk mencari rumput, hal ini agar dapat memenuhi taget permintaan “ujar Ikun yang juga kesehariannya menjadi petani penggarap  ladang tersebut.

Ketika majalahburungpas mengejar berapa jumlah pendapatan dalam sehari ? Petani asal  Desa Jepitu Girisubo  tersebut mengungkapkan, mulai jam 5 pagi saya sudah ngetem menunggu air laut pasang, dan alhamdullilah hingga sore tatkala cuaca bersahabat, bisa mendapat rumput laut sekitar 20 sak, dengan berat basah 10 kg, dan 6 kg bila di keringkan. Jadi berbicara hasil,  tentu anda tinggal ngalikan saja, berapa  pendapatan saya “tegas Sarikun serius.

Tentu saja, suka duka mencari rumput juga ada sebab, saya pernah gigit jari tak dapat barang karena laut pasang,  dan ini mengakibatkan tidak dapat mengambilnya karena harus menunggu air surut  “papar Sarikun yang pernah berpenghasilan sekitar  1 juta lebih saat menjadi pemungut rumput laut berjenis grundel yang dapat molor seperti karet tersebut. “team redaksi majalah burung pas.com mengabarkan”


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Tips pengkondisian burung cucak hijau bakalan baru di beli in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16056643 Page View
    Visitors   826160 Pengunjung
    Visitor Online   13 Pengunjung Online