MEDIA MAJALAHBURUNGPAS.COM, MENGUCAPKAN SELMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H/2018 MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
Kembali Ke Index Berita

MEA meningkatkan perekonomian tak sebatas skala regional tapi skala global bagian 2

Sabtu, 23 Januari 2016 | 21:54 WIB
Dibaca: 960
MEA meningkatkan perekonomian tak sebatas skala regional tapi skala global bagian 2
Isnaini Indra Nur Hayati

Tajuk utama bagian ke dua sajian media online majalahburungpas.com warta news info umum, adanya MEA ini jika para pelaku dan kita sebagai generasi muda terjamin untuk memperkecil kesenjangan dimana yang semula kurang terjamin pertumbuhan ekonominya maka akan terjadi perubahan yang signifikan di kawasan Asia Tenggara. Selain itu MEA juga membentuk sebuah blok tunggal yang dapat mengatasi negosiasi dengan eksportir dan importir.

Selanjutnya apakah keuntungan secara nyata bagi bangsa Indonesia ? Tentu keuntungannya bagi bangsa Indonesia adalah menciptakan kesempatan dan peluang yang cukup luas, hingga hambatan menjadi berkurang bahkan, akan  cenderung hambatan makin kecil.

Dengan Hambatan yang demikian itu, maka hal ini akan berdampak pada meningkatnya ekspor yang akan meningkatkan juga GDP Indonesia. Mesi di sisi lain, MEA juga memberikan suatu tantangan bagi Indonesia yaitu homogenitas komoditas yang diperjualbelikan.

Akan ada banyak barang impor yang akan mengancam produksi dari industri lokal yang lebih berkualitas. Hal ini yang menyebabkan  peningkatan defisit neraca perdagangan bagi Indonesia.

MEA juga memberikan keuntungan bagi banyak aspek salah satunya yaitu ketenagakerjaan yang akan banyak terserap, hingga terdapat banyak kesempatan yang lebih besar bagi para pencari kerja terutama bagi generasi muda.

Hal ini disebabkan karena ada banyak lapangan pekerjaan di berbagai bidang serta dengan berbagai kebutuhan akan tenaga skill, dan teradopsinya keahlian yang beraneka ragam yang tersedia dan ini mampu tersalurkan.

Para pencari kerja di permudah bahkan akses ke luar negerinya untuk mencari kerja maka progaram MEA juga memberikan kesempatan bagi wirausahawan muda untuk bebas mencari tempat usaha sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai skill yang di milikinya.

Dengan adanya MEA ini, Indonesia memiliki kesempatan dengan memanfaatkan keunggulan skala ekonomi dalam negeri sebagai basis memperoleh keuntungan.

Meski demikian Indonesia juga memiliki banyak tantangan dan risiko yang akan muncul di saat pemberlakukan MEA, oleh sebab itu, Dengan adanya tantangan dan risiko di hadapan kita yang cukup tinggi.

 Efek yang akan di rasakan serta dimiliki warga Indonesia diharapkan mampu lebih produktif dan meningkatkan daya saing tenaga kerja dan perusahaan untuk menekan risiko dan tantangan yang dimiliki Indonesia., akan kah peluang dan tantangan ini seperti ulasan di atas dapat kita raih ?? Isnaini Indra Nur Hayati


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Prospek ternak jalak pito & jalak uren in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15421768 Page View
    Visitors   799560 Pengunjung
    Visitor Online   12 Pengunjung Online