MEDIA MAJALAHBURUNGPAS.COM, MENGUCAPKAN SELMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1440 H/2018 MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
Kembali Ke Index Berita

Kepala sekolah berkelit' dugaan penyimpangan proyek sekolah dasar terus di sorot

Kamis, 28 April 2016 | 20:20 WIB
Dibaca: 1723
Kepala sekolah berkelit' dugaan penyimpangan proyek sekolah dasar terus di sorot
kepala sekolah wasito di mintai keterangan malah main hp ?

Gunungkidul media hobi majalahburungpas.com, halaman pendidikan pekerjaan proyek rehab sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul  tahun 2016 hingga april 2016 masih mendapat sorotan tajam dari berbagai pihak.

Sepertinya hal itu penyebabnya pihak sekolahan, tak mau mengerjakan dengan komite sekolah bahkan dugaan kuat malah di borongkan kepada pihak ketiga.

Menurut petunjuk teknis dikerjakan secara swakelola ternyata masih ada saja pekerjaan tersebut dikerjakan oleh pihak ke tiga.  

Seperti contoh SDN Selang Karangmojo, Gunungkidul ini,  dana yang berasal dari APBN sebesar Rp 152 juta untuk satu sekolahan diperuntukan rehab ruang kelas akhir tahun 2015, Di duga tidak sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaannya

Penyimpangan yang dilakukan Sekolah Dasar Selang Karangmojo ini adalah  memborongkan semua pekerjaan kepada pihak ke-3 (rekanan), yang seharusnya tidak boleh diborongkan.

Menurut sumber yang bisa dipercaya, rekanan yang ditunjuk kepala sekolah SDN Selang Karangmojo adalah konsultan pengawas sendiri yang mengerjakan pekerjaan rehab ringan ruang kelas tersebut.

Ironisnya lagi menurut sumber tadi, pihak sekolah minta tinggalan RP.10 juta kepada rekanan yang ditunjuk , yang penting pihak sekolah terima jadi.

Kalau pekerjaan diborongkan pihak ke-3, sedangkan pihak ke-3 itu konsultan pengawas itu sendiri, terus siapa yang mengawasi proyek swakelola itu ?

Informasi  yang didapat dilapangan, Konsultan pengawas yang memborong berinisial Wst, dan dimungkinkan bahan material yang digunakan juga ada yang  tidak sesuasi dengan specifikasi.

Wst ketika dihubungi, mengatakan kalau dia hanya memborong tenaganya saja, tidak memborong semua. Tetapi kemudian timbul pertanyaan dari publik, apa boleh seorang konsultan pengawas sekaligus sebagai pemborong ?

“saya tidak memborong semua, saya hanya tenaganya saja,”kata wst berkelit.

Sementara itu kepala sekolah SDN Selang, Karangmojo, Wasito, ketika dikonfirmasi membantah  semua, Wasito berkelit bahwa yang mengerjakan komite dengan sekolahan.

“informasi darimana itu ? yang mengerjakan komite sekolah bersama sekolahan”, bantah Wasito.

Dengan adanya dugaan penyimpangan

pekerjaan swakelola rehab sekolah di SDN di Gunungkidul termasuk di Selang Karangmojo ini yang seharusnya

mendapat perhatian pengawasan dan perlu ada tindak lanjut dari Direktorat, ataupun kajaksaan untuk turun ke lapangan agar penyimpangan-penyimpangan dapat di minimalisir 'Sehingga upaya-upaya penyimpangan proyek pembangunan diberbagai lini di Kabupaten Gunungkidul bisa diminimalisir sehingga tidak  mewabah seperti penyakit menular, karena kurangnya pengawasan. 

Sayangnya pekerjaan yang diborongkan kepada pihak ketiga malah indikasinya melanggar peraturan pemerintah yang sudah diatur didalam  Perpres No. 54 tahun 2010, karena sumber dana yang digunakan dari APBN.

(Kutipan khusus swakelola pasal 27 ) Bahwa pengadaan melalui Swakelola oleh Kelompok Masyarakat

Pelaksana Swakelola mengikuti ketentuan sebagai berikut:

a. direncanakan, dilaksanakan dan diawasi oleh Kelompok

Masyarakat Pelaksana Swakelola;

b. sasaran ditentukan oleh K/L/D/I Penanggung Jawab

Anggaran; dan

c. pekerjaan utama dilarang untuk dialihkan kepada pihak lain (subkontrak).

Dari beberapa temuan memang ada pekerjaan yang di alihkan kepada pihak ke tiga dan itu indikasinya jelas kurang bertanggung jawab menyimpang dari aturan seperti pada pasal 27  di atas 'Kemudian timbul pertanyaan siapa yang bertanggung jawab tim red

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Eksotisnya Air terjun jurug taman sari menjelang tutup tahun 2014 makin ngetop in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15422793 Page View
    Visitors   799614 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online