Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Jelang lebaran pedagang kupat panen order

Senin, 29 Agustus 2011 | 08:13 WIB
Dibaca: 1158
Jelang lebaran pedagang kupat panen order
pedangan kupat dadagan

Majalah Burung Pas,com jelang lebaran kebutuhan makanan makin beragam, termasuk makanan siap saji yang di kemas dalam bentuk kupat, juga akan banyak di buat serta di konsumsi masyarakat.

Nasi kupat sudah terkenal sejak turun temurun terutamanya bagi masyarakat Jawa. Kupat yang terbuat dari daun muda pelepah pohon kelapa keberadaannya menjelang hari raya makin di buru, hal ini memang berkaitan dengan hari raya lebaran.

Tiga hari menjelang lebaran berbagai tempat terutama di pasar tradisional muncul para pedangan dadagan yang membuat kupat. Kupat tersebut juga di buat secara dadagan pula. Mengenai harga kupat terbilang sangat murah, sebab para pedagang biasanya per 10 biji di jual hanya 3000-5000 an. 

Perajin kupat juga terpantau  bersaing ketat karena tidak ada standar khusus, sedang menjelang lebaran kurang satu hari perajin juga makin banyak, sehingga terkadang kupat yang masih segar harganya di banting atau borongan.

Kupat menurut para Da’i merupakan simbul pengakuan salah  kepada seseorang (ngaku lepat) dan ketika memasuki lebaran sama–sama mengakui kesalahan, yang selanjutnya terjadilah saling memaafkan, kemudian saling memberi maaf, sedang isi kupat berupa nasi yang telah padat tersebut, lalu di belah menjadi dua, dan teryata nasinya putih melambangkan kebersihan, selanjutnya di makan bersama-sama.

Dalam tradisi ini kupat jadilah sebagai pralambang mengaku salah dan saling memaafkan *Red *  


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Wuich kerend lomba burung derkuku di kawal prajurit kraton in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16075951 Page View
    Visitors   827171 Pengunjung
    Visitor Online   6 Pengunjung Online