Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Hasil Hisab Kanwil kementrian Agama DIY 90 % prediksi awal puasa hari sabtu 21 Juli 2012

Kamis, 19 Juli 2012 | 19:00 WIB
Dibaca: 1301
Hasil Hisab Kanwil kementrian Agama DIY 90 %  prediksi awal puasa hari sabtu 21 Juli 2012
PETUGAS SEDANG MENEROPONG UNTUK MELAKUKAN HISAB

Bantul-majalahburungpas.com, berita terkait awal ramadan kamis 19 Juli 2012 di lokasi Syeh Belu Belu Parang tritis (markas pos observasi bulan)  di lakukan Rukyatul Hilal hal ini agar dapat menentukan awal Ramadhan 2012.  

Dari hasil pengamatan  posisi hilal di lakukan dengan menggunakan alat teropong sebanyak 5 unit yang di fungsikan agar dapat mengamati obyek bulan serta kejelasan bayangan. Salah satu panitia yang sempat di temui para media, yang terbentuk panitia dari badan hisab serta rukyat DIY, Bapak Mutoha Ia memaparkan, bahwa berdasarkan kondisi cuaca yang telah disampaikan Badan Meteorologi, dan Klimatologi serta Geofisika, bahwasannya untuk wilayah DIY saat pengamatan hilal 19 Juli 2012 dalam kondisi berawan, sedang untuk kelembabannya antara 57- 95.

Nah dengan kelembaban yang demikian inilah, kami dalam mengamati posisi hilal, oleh sebab itu posisi hilal sangat sulit bahkan mustahil untuk dapat di lihat dengan mata, namun berdasarkan pengamatan untuk sementara sampai sore ini posisi ketinggian hilal masih sangat minim, dan ini dalam ketinggian 1,5 derajat di atas ufuk saat matahari terbenam sehingga belum tercapai  2 derajat.

Dari hasil pengamatan yang demikian ini tentu saja prediksi awal puasa 90 %  akan jatuh pada sabtu 21 juli 2012 “katanya. Menyinggung awal ramadan yang akan jatuh pada hari sambtu itu, ya di sebabkan pemerintah dalam hal ini kementrian agama menggunakan metode Rukyat hilal bil falaqi serta hisab Imkanur Rukyat 2 %.

 Sedang untuk metode PP. Muhammadiyah yang mempergunakan Hisab wujudul hilal memang telah memenuhi syarat sehingga pada Jumat Muhammadiyah sudah mengawali puasa ramadan 1433. H. Hasil kinerja ini akan kami sampaikan ke kementrian RI “Paparnya,  “Fid”


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Lomba puter kian di gemari P4SI gelar lomba perdana in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15899641 Page View
    Visitors   817815 Pengunjung
    Visitor Online   7 Pengunjung Online