Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Asyiknya Bersama Melepas Tukik Di Pantai Selatan

Senin, 6 Juli 2015 | 17:05 WIB
Dibaca: 1415
Asyiknya Bersama Melepas Tukik Di Pantai Selatan
ANAK PENYU DOK.FOTO WARTAWAN PASTVNEWS.COM

Bantul-Media online Majalahburungpas.com, Ada yang berbeda suatu sore di Pantai Baru. Sekelompok anak-anak bercanda, tertawa lepas di antara deburan ombak Pantai Baru. Sementara tangan-tangan mereka membawa sebuah mangkok kecil berisikan anak Penyu.

Tepat di bibir pantai mereka berhenti dan berbaris rapi di depan tali rafia. Sejenak kemudian mereka melepaskan anak Penyu bersama datangnya ombak. Mereka membiarkan anak-anak Penyu itu hilang tertelan dan terbawa ombak hingga akhirnya tidak terlihat lagi.

Anak-anak Penyu atau Tukik tersebut meraka lepaskan ke habitatnya agar nanti bisa berkembang biak sehingga Penyu tidak punah.  Tukik hasil penangkaran KP4 (Kelompok Pemuda Peduli Penyu Pandansimo) merupakan hasil penetasan yang ditetaskan pada musim bertelur bulan Mei.

SUASANA PELEPASAN TUKIK DI PANTAI SELATAN BANTUL

 

TUKIKDI LEPAS  JALAN MENUJU LAUT

Ketua Pokdarwis Pantai Baru, Suwandi didampingi ketua KP4, Iwan Fahmi mengatakan sebanyak 87 ekor tukik dari 100 butir telur berhasil ditetaskan di penangkaran yang dirawat KP4. Setelah menginjak usia 3-4 hari tukik-tukik tersebut kemudian harus dilepas ke pantai agar cepat besar hingga akhirnya nanti dapat berkembang biak.

Suwandi menambahkan sejak terbentuk KP4, telur-telur Penyu yang dikhawatirkan akan hilang, karena diambil nelayan atau dimakan predator, ditangkarkan oleh KP4 dengan harapan Penyu akan dapat hidup lebih lama lagi. Karena Penyu termasuk binatang yang terancam punah sehingga perlu dilindungi.

“Penyu baru akan bertelur di usianya ke 20 tahun. Sekali bertelur Penyu bisa mengeluar hingga 100 butir namun yang menetas hanya sekitar 70 butir.

Bila tidak diamankan telur-telur tersebut bisa di akan binatang lain, kalaupun nanti menetas anak Penyu juga tidak aman dari ancamam predator  lainnya” jelas Suwandi.

Untuk merawat tukik memang tidak mudah namun untuk menjaga agar tidak cepat punah Penyu perlu dikonvervasi sehingga ke lestarian akan terjaga. Dan melepas tukik di sore hari adalah salah satu upaya menjaga tukik agar selamat dari gangguan predator.

Sementara dengan melibatkan anak-anak hal dapat mengedukasi mereka untuk menjaga kelestarian Penyu. anjar


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Tips mengetahui jantan betina perkutut dengan media batu akik in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17281670 Page View
    Visitors   890787 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online