Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Sidang Isbat menetapkan awal Puasa 1432 H. tepat tanggal 1 Agustus 2011

Senin, 1 Agustus 2011 | 08:03 WIB
Dibaca: 1347
Sidang Isbat menetapkan awal Puasa 1432 H. tepat  tanggal 1 Agustus 2011
DOK. FOTO KEMENAG GO.ID "SIDANG ITSBAT MENTRI AGAMA RI DAN ULAMA

Jakarta,Majalahburungpas.com, info umum halaman nasional, Sidang penetapan awal Ramadhan 1 Ramadhan 1432 Hijriah jatuh pada Senin, 1 Agustus 2011. Keputusan tersebut diambil setelah Kementerian Agama menjalani sidang isbat penetapan awal bulan Ramadhan 1432 H di Gedung Kementerian Agama, Minggu  tanggal 31 Juli 2011 malam.

Menteri Agama Suryadharma Ali di ruang tersebut, bersama tokoh agama Islam juga dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia <MUI> KH Maruf Amin, serta Pengurus Besar Nadhlatul Ulama Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, pimpinan ormas-ormas Islam, perwakilan Negara sahabat, dan  anggota Badan Hisab serta  Rukyat Kementerian Agama telah menetapkan sementri seperti di atas.

"Mentri agama menerima laporan dari anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, yang menghimpun data hisab dan di peroleh dari sumber yang menunjukkan ijtimak terjadi pada hari Minggu, 31 Juli 2011, sekitar pukul 01.40 WIB. Pada saat matahari terbenam, hilal telah berada di atas ufuk dengan  ketinggian 6,36 derajat umur kekuatan selama 16 jam 11 menit 8 detik. "Jadi, data itu dapat di simpulkan,

Setelah mendengar uraian dari  ketua badan hisab dan rukyat serta telah mempertimbangkan pandangan ulama, dan dari para ormas Islam, sepakat 1 Agustus adalah tanggal 1 Ramadhan 1432 H.

Suryadharma Ali mengatakan, sebelum menetapkan I Ramadhan 1431 H, pihaknya telah melakukan pengamatan rukyatul hilal (penampakan bulan di titik awal) di tiga tempat adalah Makasar, Bukit Condro-Gresik, dan Bangkalan-Jawa Timur.

Dengan demikian saya menetapkan 1 Ramadhan 1432 H.atau jatuh tepat tanggal  1 Agustus 2011," tegas mentri di hadapan tamu undangan,seraya  melanjutkan ketuk palu sebagai tanda menutup.

Sementara itu, rukyat dilakukan bersama-sama mahkamah syariah dan ormas-ormas Islam, sinergi "kemudian dari tiga tempat tersebut, hilal sudah diatas ufuk, dan hilal sukses dirukyah,. makanya awal bulan puasa sejak Senin, 1 Agustus, dan dapat kami setujui," katanya lagi.

Mari kita selalau memohon petunjuk dan barokahNya, agar kita mendapat berkah  dari Alloh SWT, Kemudian  selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh masyarakat Indonesia, " tutupnya”  *sgt/nur/fid*

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkutut putih ada daya kleniknya in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16056909 Page View
    Visitors   826169 Pengunjung
    Visitor Online   7 Pengunjung Online