Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Kontes Kambing PE Piala Raja di UGM Berlangsung Meriah

Senin, 14 November 2011 | 19:45 WIB
Dibaca: 4601
Kontes Kambing PE Piala Raja di UGM Berlangsung Meriah
suasana lomba kambing PE UGM 13 NOV 2011

UGM-majalah burung pas.com halaman Etawa Mania, kontes kambing peranakan etawa yang bertempat di pelataran Graha Sabha Pramana kampus UGM, 13 November 2011 berjalan meriah.  kontes kambing PE ini  kembali di gelar oleh Himpunan Studi Ternak Produktif Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Kontes yang memasuki tahun ke 2 dibuka oleh wakil Rektor II UGM, Prof Dr Ir Toni Atyanyo M.Phil, dengan dihadiri Dekan FKH, Prof Dr drh Bambang Sumiyarto SU serta Kepala Dinas Pertanian Propinsi DIY, Ir Nanang Suwandi.

            Dalam sambutannya Toni Atyanto berharap dengan digelarnya kontes kambing PE dapat melestarikan keberadaan kambing PE. Selain itu dengan semakin banyaknya peternak kambing PE nantinya dapat meningkatkan kualitas gizi masyarakat Indonesia.

            Sementara itu Ketua Panitya kontes, Muhamad Riam Kusnandar mengatakan tujuan diadakannya kontes ini adalah guna memperkenalkan kambing Peranakan Ettawa kepada masyarakat luas, bahwa kambing PE merupakan kambing asli Indonesia.

Kecuali itu, tambah Riam, dengan ajang kontes ini akan dapat meningkatkan pamor kambing PE, baik di mata masyarakat umum ataupun komunitas maupun peternak. Karena setiap kambing PE pemenang kontes akan memiliki nilai jual yang tinggi.

            Menurut Riam, kontes kali ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Untuk tahun ini diikuti sekitar 200 kambing yang didatangkan dari berbagai kota di Indonesia. Di antaranya Tulung Agung, Malang, Blitar, Purworejo dan Banten. “Kontes kali ini merupakan kontes tingkat nasional dengan memperebutkan hadiah Piala Raja HB X untuk kategori Grand Champion” ujarnya

            Adapun kelas yang dilombakan meliputi delapan kategori, yakni calon indukan kurang dari atau sama dengan 60cm, calon pejantan kurang dari atau sama dengan 70cm, calon indukan powel lebih dari 65cm, serta calon pejantan lebih dari 70cm.

            Sedangkan kelas atau kategori yang lain adalah kategori pejantan kurang atau sama dengan 2 pasang, indukan powel kurang atau sama dengan 2 pasang, pejantan powel lebih dari 2 pasang dan indukan powel lebih dari 2 pasang.

            Selain memperebutkan Piala Raja, setiap pemenang perkategori akan mendapatkan sertifikat serta trofi dari Rektor UGM untuk juara I. Sedangkan juara II dan III mendapat piala dari Dekan Fakultas Kedokteran Hewan.

“Selain hadiah tersebut kepada masing-masing pemenang berhak atas uang pembinaan sebesar Rp 1 juta bagi juara I, Rp 750.000 untukjuara II dan Rp 500.000 bila juara III” imbuh Riam.

            Namun untuk dapat menjadi pemenang kontes setiap kambing PE harus lolos dari penjurian. Penentu atau kretiria penilaian diantaranya meliputi kepala,tanduk, leher/gelambir, telingga, kaki, bulu/rambut, rewos/jibrak, warna, ekor serta tektis kambing.

             

Juara umum grand champion sawunggaling 

Meski gelaran kontes kambing PE sempat diwarnai hujan gerimis namun kegiatan ini tetap berlangsung dengan lancar.

Kemeriahan pun terlihat tidak hanya pada para peserta atau pemilik kambing PE tetapi antusias masyarakat untuk menyaksikan kontes ini bergitu besar. Sehingga ada peserta yang berharap tahun depan dapat ikut kontes di sini lagi.

      Untuk juara umum Grand champion pila Raja ini di sabet oleh kambing bernama Sawunggaling asal Wonosobo Jateng  dalam laga tanding ini, kambing peranakan etawa dari berbagai daerah di tampilan secara apik.

Kejuaraan  peringkat utama kategori Gigi poel  di atas dua pasang, adalah sawunggaling sehingga oleh panitia di nobatkan sebagai juara yang pantas memboyong piala Raja " Fid/Anjar


Berita Terkait


1 Komentar


muji
Kamis, 1 Desember 2011 | 22:32 WIB
saya muji dari team lawang pawon/temennya mas mugi santoso yang punya pejantan sawunggalih,itu nama yang benar sawunggalih bukan sawunggaling,trims
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Breeding murai batu terus di lirik, suara kicauannya bagian dari hiburan in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16179437 Page View
    Visitors   834026 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online