Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Usaha Kambing P E Potensial untuk Meningkatkan Perekonomian

Jumat, 27 Mei 2011 | 08:26 WIB
Dibaca: 1880
Usaha Kambing P E Potensial untuk Meningkatkan Perekonomian
Bp. Harjono di tempat pelatihan Peternakan Kambing PEnya,di resmikan Bupati Bantul th 2010

Majalahburungpas.com halaman kambing etawa. Beternak kambing bagi masyarakat pedesaan sudah lama lakukan oleh para petani, sebagai bagian dari kegiatan yang produktif untuk menunjang perekonomian. Peternak kambing di masa dulu tidak secerdas sekarang, sebab kini kambing di kelola dengan tangan dingan dan mampu memiliki primadona sebagai kunci sukses meraih pendapatan.

Di masa lampau tersebut usaha kambing masih di anak tirikan, yang hanya sebagai sampingan saja, tetapi kini, usaha tersebut telah semakin menjadi keren,  karena ada  factor market dan pengguna daging serta hasil olahannya yang makin berkembang, berbeda ketika masih di kelola secara manual/tradisional memang kurang menguntungkan.

Pengelolaan usaha peternakan kambing yang professional jelas-jelas dapat menompang pendapatan ekonomi keluarga, bahkan juga mampu meningkatkan incam bagi perusahaan, apabila di kelola secara perusahaan pula. Pemerintah mendorong melaui dinas yang terkait, dan  telah memberikan perhatian kepada usaha ini, agar masyarakat mampu meningkatkan produktifitasnya hingga bisa lebih mandiri.

Tentu saja dorongan tersebut di lakukan, karena komuditas ini mampu memberikan sumbangan yang berarti, dan  dapat sedikit mengurangi pengangguran serta meningkatkan hasil yang nyata. Dalam beternak kambing memang memerlukan lokasi yang memadai, oleh karenanya lahan yang tersedia. Baik luas kandang, sarana dan prasarana yang lain perlu di pertimbangkan usaha dapat terwujud.  Sedang ketersediaan pakan hijauan juga akan mampu memuluskan usaha tersebut.

POTENSI BETERNAK KAMBING

Beternak kambing bisa bermanfaat bagi lingkungan dan para petani, manfaat yang langsung di rasa, hasil usaha dapat sebagai salah satu pendapatan. Sedang sampingannya, semisal dari kotorannya, akan dapat di pergunakan untuk menyuburkan pertanian, sebagai pupuk alami. 

Nah pemirsa, dalam ternak kambing, tentu pula bagi calon peternak,perlu menganalisa agar pemilihan lahan dan potensi dapat lebih di kedepankan, terutama dalam memilah dan memilih,  mana yang akan di mulai dalam usaha perkambingan. Ada empat  inti dalam beternak yaitu :

Penggemukan adalah sebuah usaha di perkambingan yang hanya  mengambil dagingnya saja,dalam hal ini kambing di kelola dengan baik, agar kambing gemuk sehingga tata kala akan di sembelih untuk kebutuhan dagingnya banyak.

 

Beternak kambing Perah : Usaha ini juga hampir sama, tetapi hanya mengedepankan agar hewan tetap dapat berproduksi ketika akan di perah susunya. Berkaitan dengan pengolahan susu dewasa ini, ternyata telah berkembang menjadi bagian usaha yang sangat petensial, sebab beternak kambing perah, haslnya bisa harian, mingguan dan bulanan, sebab tiap hari dapat memerah susu, sehingga mampu menjual susunya tersebut, baik yang masih cair,maupun yang telah di olah menjadi susu kering dan bubuk.

Dan yang ketiga usaha kambing yang membudidayakan serta mengedepankan hasil atau menghasilkan bibit- bibit unggul, baik jantan dan betina, untuk di jual yang tinggi.  Dan ke empat beternak kambing juga bermanfaat bagi para petani sebab menghasilkan pupuk kandang yang dapat menyuburkan pertaniannya.

Dalam pembudidayaan serta bisnis kambing di perlukan pengembangan pemikiran yang selaras dengan perkembangan permintaan pasar, selain dalam beternak juga lebih di seriusi agar beranak pinak dan menguntungkan.

Salah satu peternak kambing yang sempat majalahburungpas.com hampiri adalah Bp.Harjono di Puluhan lor Trimurti Srandakan Bantul, Ia adalah salah satu yang telah menerapkan system dan budiya secara professional, hingga tempatnya sebagai pelatihan kambing etawa yang menghasilkan. “Run/nur         

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara burung kenari enak di dengar besutan PKJ Bird farm Jogjakarta in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15574302 Page View
    Visitors   806525 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online