Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Dolar farm Kambing PE berkembang dari 3 ekor

Rabu, 21 Maret 2012 | 21:00 WIB
Dibaca: 2810
Dolar farm Kambing PE berkembang dari 3 ekor
Kambing meteor berdiri dengan santoso

www.majalahburungpas.com halaman  etawa mania, Beternak kambing etawa makin di gemari oleh para  penggemarnya, Santoso  yang  berada di desa Balaisono Ngunut Tulung agung juga tercatat sebagai peternak kambing sukses. Usaha ini di rintis sejak 2001 di awali dari 3 ekor betina  kini menjadi ratusan ekor,  yang telah mendapat  turunan  dari  trah yang  bagus yaitu dari induk  kambing pejantan bernama Perdana dari  kelompok ternak di daerahnya.

Ketika media ini menanyakan lebih lanjut, Kenapa melirik kambing  PE ?  Santoso menjelaskan usaha tersebut di pandang dapat memberikan peluang  nyata selain juga dapat bermanfaat bagi manusia dan hewan itu sendiri “ kata Santoso.

Berbicara soal perkambingan etawa, dari beberapa  pandangan maka PE itu juga ada  hal  penting yaitu Seni, yang menarik.  Dari  segi Breeding  pemeliharaan kita juga dapat mengambil susunya,selain dagingnya. Seni perkambing merupakan seni rupa dimana kita dapat  melihat bentuk tubuh serta katuranggannya , serta secara  detail  pada  pola warna yang indah, baik  dari kepala hingga ekor.  Rangkaian dari seni kambing tersebut, adalah kepala telinga, tanduk, leher, pola warna, ekor, kaki, tektur, dan alat reproduksi.

Otomatis  apabila 10 hal ini ada maka  kambing memiliki nilai tinggi  dan  di mungkinkan kesempatan mendapat juara  ada di depan mata, nah jangka panjangnya akan berimbas harga  akan naik. Tak kalah menariknya rekannya bapak Dodot juga menambahkan untuk meraih sukses di kambing PE maka kita akan dapat mengetahui dari mana gen kambing itu memiliki peran penting. Kemungkinan dari genetik 60 persen, dan 10 hal di atas tadi di hasilkan dari  katuranggan, hal ini telah terbukti rata rata jawara yang laku memiliki genetika yang bagus.

 TIPS BREEDING

Tentunya beternak PE juga harus mengedepankan pilihan yang tepat, mulai dari  jenis induk berkualitaas, hingga pemberlakuan rawatan yang intensip, di samping itu kandang higeinis. Dan tak kalah pentingnya kecintaan terhadap kambing harus juga  di miliki.   Pemilihan induk yang produktif, serta induk yang memiliki  punting yang bagus serta makanan yang tepat atau ideal bagi kambing juga rangkaian dari tips suksesnya.

Tips  untuk menjadi pemula di usaha ini perlu kemauan dan ulet, fokus. Sedang modal juga perlukan namun sesuai kemampuan.  Dodot kembali menguraikan untuk satu betina umur 1,5 tahun dapat beranak sekali, namun tidak menutup kemungkinan bahwa setelah beranak induk betina akan minta di jodohkan lagi dengan jantan, sehingga akan bunting lagi dan ini telah banyak terjadi.

HARGA DAN PRESTASI

Santoso  saat mengawali usaha dari 3 ekor,  kini  kambingnya telah berkembang menjadi 100 ekor, juga mampu menambah kandang, sebanyak 5 kadang.  Soal harga kambing juga beragam mulai dari 3 juta hingga 50 juta juga ada.  

Prestasi yang menarik meteor  ialah juara 2 kelas C  Purworejo 2009, juara 2 Gandung sari cup 2010 juara  1 mega bintang Gamping Jogja 2010, juara 3 probolinggo, Jepara, Tulung agung Pnorogo 2011, dan Ugm 2011. Saya menjadi Peternak PE juga merasa bangga sebab RI  1 H. Susilo Bambang Yudoyono pernah menyempatkan  berkunjung dan memberikan suport agar PE nya di kembangkan lebih lanjut.  Jawara Meteor, umur 7 bulan, dua kali juara 1 nasional, lomba UGM Tulung Agung Cup juara satu.

Re ingkarnasinya maradona, sebab tektur merata dengan warna bulu seindah mara dona,, bahkan telinga dan pola warna lebih dari maradono yaitu jawara kambing tahun 2008 grand campion Kaliurang.

Panjang telingan 35 cm, tinggi  83 cm, panjang 91 cm, kambing ini juga jinak bahkan juga mau berdiri berkaki dua hingga lebih dari satu meter.  Saya berpesan apabila anda akan terjun di PE perlu serius sebab kesuksesan juga akan menanti anda "tutup Santoso yang di amieni Dodot tersebut. Red"


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Derasnya Ombak Air Sungai Brantas Jatim in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15545370 Page View
    Visitors   805521 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online