Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Cucak Rawa, Agribisnis Yang Selalu Menguntungkan ?

Selasa, 27 Desember 2011 | 14:27 WIB
Dibaca: 11089
Cucak Rawa, Agribisnis Yang Selalu Menguntungkan ?
Seger hadi di kandang ternak cucak rowo

Warta online–majalah burung pas.com, Segala jenis usaha agribisnis, termasuk beternak Cucak Rawa terbukti mampu memberikan keuntungan besar. Tentu saja bila ini ditekuni dengan benar, sepenuh hati, pikiran dan tenaga maka dapat dijadikan sumber penghasilan keluarga.

      Begitulah yang selama ini dilakukan Seger Sehadi Mulyono (52). Pengalamannya menekuni usaha agribisnis menghantarkan pria ini sukses menjalankan ternak cucak rowo. Berawal dari seorang penyembelih ular kobra, yang dijalaninya selama 25 tahun, sembari beternak bekisar kemudian ia beralih menjadi peternak Cucak Rawa.

      Seger Sehadi mengisahkan perekonomian keluarganya selama ini ditopang dari hasil bisnis agribisnis. Mulai dari penyembelihan ular kobra hingga akhirnya pilihan hatinya jatuh pada Cucak Rowo.. Ia melihat prospek Cucak Rawa yang mengalami kenaikan, maka tergiurlah Seger untuk menangkarkan burung berkicau indah ini.

      Dengan sisa tabungannya, Seger kemudian membeli 3 pasang Cucak Rawa seharga Rp 15 juta. Ketiga pasang burung tersebut ditangkarkan ke dalam kandang masing-masing berukuran 2x2 m2, dengan dilengkapi pohon setinggi 1,5 m.

      Setahun berlalu, indukan Cucak Rawa itupun mulai menelur. Dan telur-telur itu juga menetas dengan sempurna. Tiap pasang anakan yang masih berumur 1,5 bulan dijualnya seharga Rp 4 juta. Sementara bila ada pelanggan yang berminat terhadap indukan dijualnya dengan kisaran harga Rp 12,5 juta per pasang.

‘ dinahkodai’ dengan beternak Cucak Rawa memang bukan hal yang mudah dan instan. Tetapi penuh perjuangan sepenuh hati, pikiran dan mencurahkan seluruh tenaganya agar burung-burung itu tetap hidup dan bertelur dengan baik.

      Meski ternak cucak rawa bukan satu-satunya sumber penghasilannya tetapi Seger Sehadi tetap mengandalkan pendapatan keluarga dari sektor ini. Karena dari penangkaran inilah ia mampu menyambung hidupnya.

      Kini di hari tuanya, pria yang sudah mandiri sejak usia SD ini tinggal menikmati hasil penangkaran Cucak Rawanya. Ia pun juga tak kawatir lagi dengan kondisi ekonominya. anjar

Analisa usaha Ternak Cucak Rowo

Modal Awal

Beli 3 pasang indukan @ Rp 5 juta  = Rp 15 juta

Pembuatan kandang 2x 10 m2            Rp  5 juta

B.Operasional

Pangan dan obat-obatan untuk 10 pasang Rp 1,5 juta/bln

Tenaga                 Rp 0

C.Pemasukan

 Jual perpasang       RP 4jt x 5 psng/bln    Rp 20 jt

D.Keuntungan

C-D ( 20 – 1,8)                                       Rp 18,5       

   


Berita Terkait


7 Komentar


idayanto Gunungkidul
Selasa, 13 Maret 2012 | 20:35 WIB
sekarang ada anakan tidak? berapa harganya sepasang?alamatnya mana ya ? trims
Balas
iswinarno
Minggu, 27 Mei 2012 | 18:51 WIB
alamat bapak mana saya mau pesan 2ps
Balas
BOS MANUK LARANG
Rabu, 27 Juni 2012 | 02:38 WIB
Pak lek,,masih ada cucak rawanya??....stok skrg masih ada brp ekor anakan dan indukannya??.... mau tak borong semuanya,,d buka hrg berapa?? tak tunggu kbr scptnya N g pk lama...
Balas
ibnu
Senin, 9 Juli 2012 | 12:32 WIB
kalau ambil dari anakan untuk ditangkarkan butuh waktu brapa bulan
Balas
harwanto
Minggu, 22 Juli 2012 | 18:35 WIB
pak seger hadi alamatnya dimana? Kita ada minat mengikuti jejak bapak, berapa 1 pasangnya? Stocknya masih afa apa ndk? Kl belom ada indent brp bulan? Makasih kl boleh minta no yg bs dihub
Balas
pandji
Kamis, 20 Februari 2014 | 06:46 WIB
kang dimana alamatnya?, berapa harga sepasang anakan ?? trimksh
Balas
chandra
Selasa, 15 Juli 2014 | 17:37 WIB
bisa minta alamat dan no yang bisa kotak, Thanks
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkututnya raih prestasi H.Gunawan bekasi di grujuki air hingga basar kuyub in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16056628 Page View
    Visitors   826157 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online