Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Batik Tulis Warna Alami anti Kanker, Hasil Limbah olahan Batiknya, Bisa untuk Pupuk Organik, dapat Menyuburkan Tanaman Padi

Rabu, 8 Juni 2011 | 12:57 WIB
Dibaca: 1633
Batik Tulis Warna Alami anti Kanker, Hasil Limbah olahan Batiknya, Bisa untuk Pupuk Organik, dapat Menyuburkan Tanaman Padi
Batik Tulis pewarna alami

Imogiri, Majalah burung pas.com, halaman seputar batik. Dusun Karang tengah, merupakan daerah pelosok Kecamatan Imogiri Bantul. Daerah tersebut kaya akan kerajinan rakyat, yang di dalamnya termasuk  ada kerajinan wayang kulit, Batik tulis, Perajin keris, dan lain-lain.

Masyarakat di pedukuhan ini, telah di kenal piawai dalam membuat batik tulis, terutama yang bermotif/corak khas yang sulit si samai perajin daerah lain, sebab pengerjaanya tanpa mesin. Ke unikan akan hasil dalam setiap mewarnai atau dalam menggunakan bahan pewarna, tidak menggunakan bahan sintetis atau campuran kimia, akan tetapi dalam mewarnai batik- batik yang di produksi, menggunakan pewarna alami yang di hasilkan dari tanaman masyarakat di sekitar,  terutama di areal agro wisatanya.

Salah satu tokoh masyarakat, atau di kenal perangkat desa, Bp.Pargiyanto, saat kami temui di tempat penampungan batik dan di  lokasi produksinya, Ia mengatakan “Masyarakat kami  memang telah lama berkecimpung dalam perbatikan, hingga turun-temurun. Yang menjadikan warga kami konzen di dunia usaha ini, di akui membatik dengan system ala nenek moyang, dengan bahan perwarna alami, lingkungan kami menjadi ramah dan subur “ujarnya.

Alasan yang lain dalam ilmu membatik, dan pemakaian zat pewarna alami, pasca membatik, limbah yang di hasilkan jelas-jelas dapat mensuburkan tanaman terutama padi, dimana limbah tetesannya, serta sisa pewarna yang di gelontorkan langsung ke sawah, justru tanaman padi menjadi subur tidak terkotaminasi polusi, berbeda bila pewarnanya sintetis atau kimia sawah jadi rusak "kata Pagiyanto Kembali.


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Wuich kerend lomba burung derkuku di kawal prajurit kraton in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15574368 Page View
    Visitors   806525 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online