Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Manfaat Susu kambing etawa dan Tips memerah susunya

Kamis, 19 Mei 2011 | 13:46 WIB
Dibaca: 3296
Manfaat Susu kambing etawa dan Tips memerah susunya

Majalah Burungpas.com, warta kelangenan kambing Etawa Pas, Pemirsa, kambing etawa merupakan hewan yang kaya akan susunya, di  disamping juga menghasilkan bibit yang menarik dan berkualitas sebagai hewan yang layak di pelihara.baik itu untuk sekedar kelangenan (kesenangan) bisnis, atau bahkan untuk di kelola secara perusahaan dan industri. Untuk menghasilkan kambing yang baik, perlu perawatan yang baik pula, langkah ini ditempuh agar menghasilkan produk yang berkualitas.

 Dalam pembahasan kali ini, redaksi membedah beberapa hal penting soal tips mengambil susunya.Tips- tips seperti ini perlu dilakukan agar  kambing yang akan diperah  tersebut dapat kembali berproduksi secara terus menerus, selain juga agar kambing tetap sehat.

Langkah  yang perlu di lakukan dalam pemerahan susunya adalah sebagai berikut : Kambing yang akan di perah harus yang sehat serta juga  mengandung susu yang cukup.

Untuk memerah Kambing, Siapkan beberapa alat perah semisal,ember,Botol,Galon penampung susu yang telah di bersihkan, atau segala perlengkapanya sesuai kebutuhan.

 Tuntunlah (bawa) kambing tersebut dengan santai ke tempat perahan yang telah di sediakan, kemudian bila sudah di pegang kambingnya, langkah selanjutnya, cucilah punting susu sampai bersih.

 Selanjutnya bila sudah,demikian kemudian punting susu yang akan di perah barulah di bersihkan pakai air, kemudian Laplah dengan memakai kain yang bersih dan halus.

 Langkah selanjutnya, Perahlah susu kambing tersebut dengan memperhatikan/memegang  punting secara lembut, kemudian arahkan punting kambing pada botol yang telah di sediakan,kemudian tekanlah secara perlahan lahan, dan pastikan susu cair tersebut masuk ke tempat yang telah di sediakan.

Tips berikutnya, Bila botol- botol yang telah di pakai tersebut penuh, kemudian  tutuplah dengan rapat dan singkirkan pula  ke tempat yang lebih aman. Selanjutnya susu yang baru saja diperah dapat kita takar/catat berapa jumlah perolehan perahan setiap kambingnya

 Langkah terakhir adalah susu yang baru kita perah tersebut dapat di masukan ke tempat yang lebih permanent dengan cara menyaringnya terlebih dahulu, dan bila pekerjaan ini sudah di lakukan, susu cair tersebut dapat kita simpan ke tempat yang aman.

Langkah penting lainnya , Kambing yang telah kita perah tersebut dapat kita kembalikan ke tempat semula. Perlu kita ketahui kambing yang baru saja diperah tersebut sewajarnya diperhatikan, terutama soal asupan makanan yang cukup serta bergizi agar kambing dapat kembali normal, bila suatu saat akan di perah kembali.

Pemirsa, tips yang seperti ini juga rutin di jalankan oleh Bapak Sambyah salah satu peternak di Sleman Jogjakarta yang sudah cukup berpengalaman. Artikel ini adalah kelanjutan rutin di muat di Majalah Burung Pas pada halaman Kambing Etawa, agar dapat membantu mencerdaskan para peternak dan pembaca, kemudian tak ada salahnya bila peternak kambing perah yang lain juga mempratekannya  (selamat mencoba semoga bermanfaat,

MANFAAT SUSU KAMBING ETAWA BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Kini para pembaca dapat mengetahui akan kasiat susu kambing etawa. Dalam muatan yang lalu setelah di muat tips memerah susu kambing saatnya pula di jabarkan, berbagai manfaat sususnya bagi kehidupan manusia.

 Susu kambing Etawa adalah salah satu hasil samping/pokok yang sangat berguna bagi kesehatan, karena mengandung berbagai gizi serta vitamin yang di butuhkan tubuh.

Selain itu Produk susu kambing etawa juag dapat bermanfaat dalam membantu penyembuhan berbagai penyakit sperti Tuberculosis ( Tbc), Flek,Paru paru,dan ganguan pencernaan,sperti asam urat, alergi, thalasemia, bahkan juga bermanfaat selain hal tersebut, Dilain itu pemahan yang sudah luas akan fungsi yang sangat berguna, sudah sejak lama keberadan susu kambing juga berfungsi sebagai minuman yang plus dan bermanfaat untuk kejantanan pria dan lain-lainnya.

Berbicara akan hal minuman kejantanan ini, dari berbagai sumber yang di olah majalahburungpas semisal di Timor tengah rata rata orang di sana sering minum susu kambing, sehingga terlihat /jarang di temui atau terjangkit penyakit Tbc dan impotensi.

Nah pemirsa, Informasi yang kami peroleh di Timor Tengah Susu kambing lebih popular di banding susu Sapi meskipun bahan baku beberapa jenis makanan dan minuman seperti Pudding, Milkshake,yoghurt,dan lainnya sudah tersedia. Sedang di Indonesia penggunan susu kambing masih minim/belum banyak yang di konsumsi secara umum.

Menarik untuk di simak,minimnya masyarakat akan hal ini mengakibatkan faedah susu kambing tak banyak di lirik,di samping pengetahuan soal susu dan manfaatnya juga masih kurang di miliki, dilain itu terbatasanya populasi dan ternak yang terbatas menjadi hambatannya.

Majalahburungpas.com mencoba dan berusaha mengupdate segala kepentingan untuk kemajuan kambing dan segala rentetannya, agar pembaca dapat terbuka akan peluang ini sehingga terbuka lapangan kerja mungkin juga pendapatan yang banyak di nantikan.  

 Kembali kepada Susu kambing, Berdasarkan penelitian ilmuwan kandungan komposisi gizi susu kambing mendekati komposisi ( ASI ). Dalam setiap 100 gram susu kambing mengandung 3 - 4,5 protein. 4 - 7% lemak, 4,5% karbohidrat, 135 kalsium dan 111 mg fosfor.

Molekul lemak susu kambing bersifat homogen dan jauh lebih kecil dibandingkan molekul susu sapi. Oleh karenanya susu kambing lebih mudah dicerna oleh alat percernaan manusia sehingga tidak menyebabkan diare.

Berdasarkan hasil penelitian Small Ruminant Production System Network for Asia (SRUPNA) adalah salah satu jaringan penelitian dan pengembangan ternak domba / kambing di Asia.

Susu kambing sangat potensial untuk perbaikan nutrisi karena tidak menyebabkan Lactase infolerance. Lactase Infoleranse merupakan tingkat kepekaan lambung terhadap laktosa sehingga dapat menyebabkan diare bagi yang tidak biasa mengkonsumsi susu. Pada umumnya masalah seperti ini sering dihadapi di masyarakat kita. (red )


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Peragaan & Aksi Pramuka Menjelang Upacara HUT RI di Lapangan Munthok Dilingo in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   16202759 Page View
    Visitors   835558 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online