Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Apa kriteria lomba kambing etawa ?

Jumat, 15 Juli 2011 | 22:09 WIB
Dibaca: 2859
Apa kriteria lomba kambing etawa ?

Majalahburungpas.com, halaman seputar etawa mania, kambing PE yang di banyak susunya itu, kini perkembangan juga makin komplek. Rentetan yang  membuat terkesima bagi pengamat, juga terselip peluang yang lain untuk di kerjakan. Peluang yang lain  ini tak kalah menariknya.

Hewan kambing juga disolek agar keberadaannya makin terkenal dan mempunyai daya saing tingi di antara hewan piaraan yang di gemari. Menariknya PE juga di lombkan seperti lomba burung.  Beberapa tahun terakhir hewan ruminansia seperti sapi dan kambing mulai di galakkan sebagai hewan kontes.

Ruminansia atau hewan berkaki empat memang sudah sejak lama di ambil dagingnya. Tetapi kini  jangan heran bila ada lombanya. Nah pemirsa, apa Nich yang di nilai dalam perlombaan kambing Etawa ?? berikut liputan dan artikel yang dapat kami rangkum.

Lomba kambing PE sudah mulai menjamur di berbagai tempat dan daerah. Lombanya jelas kolosal atau secara masal. Dalam lomba kambing tata cara menggelar lomba di juga sangat spesifik, yaitu tempat lomba di berikan dalam lapangan atau di dalam ruangan beratap yang bertenda VIP.

Dalam pelaksanaan lomba juga di nilai oleh yuri menurut beberapa criteria. Penilain lomba terdiri dari 10 criteria yang akan di berikan kepada kambing.  Nah apa dan bagaimana, serta berapa nilai yang akan di dapat  bagi si kambing yang sedang dalam sorotan Yuri ?. Sabar anda perlu mencermati artikel ini.

 

 

Apa yang dinilai

 

Yang dinilai (1).Sifat kelas rumpun/trah,( 2). Segi kepala, (3). Telinga, ( 4). Postur Tubuh, (5). Rahang, (6). Ageresifitas, (7) Pola warna, (8). Keharmonisan bentuk,(9).Kaki, dan 10 Reproduksi. Berapa nilai yang akan di dapat dari masing masing Kriteria yang di nilai bila PE baik ? Cara penentuan penilaian serta jumlah nilai yang didapat mulai  Nomor satu sebagai berikut :

 Rumpun adalah keterunan atau di sebut Ras,atau juga Trah. Trah yang hampi mirif dengan aslinya akan mendapatkan nilai 5-10. Sedang Kepala yang tidak kecil dan terlihat sangar/serem juga akan mengantongi nilai yang sama.

Telingan juga akan menempati nilai yang serupa, penilaian telinga, kandang malah menjadi jujugan utama dalam pemilaian PE  makanya PE yang baik Panjang telinga sekitar 35 cm s/d 35 cm. akan mendapat nilai 10.

Postur Tubuh termasuk inti dari yang di rekomendasi penilaian, sebab nilai yang akan di dapat juga sama, Postur yang kerempeng  atau kurang menarik juga dalam sorotan Yuri. Sedang  nilai Rahang juga sama yaitu 5-10. “Nah  ke lima kriteri inilah yang dinilai dalam kontes kambing Etawa dengan nilai yang tertinggi. Sedang nilai yang lain dan criterianya akan di sampaikan  di lain edisi. (Besambung) Fid  


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Ayam Pakoy Ngetrend Di Jagat Hobis Aduan Ayam in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   17118675 Page View
    Visitors   882865 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online