Media elektronik www.majalahburungpas.com, update ragam warta hobi dan lainnya, klik via  android kamu sejak sekarang pasti mendapat informasi penting didalamnya, silahkan simak  Warta di tiap updatenya  ( Terimakasih)
Kembali Ke Index Berita

Apa Arti Konkurs itu ?

Kamis, 19 Mei 2011 | 09:54 WIB
Dibaca: 3824
Apa Arti Konkurs itu ?
Burung derkuku yang sering dilombakan di Indonesia

Majalahburungpas.com, Pemirsa sudah tahukah apa arti konkurs ? Konkurs sebetulnya berasal dari kata : kongkur artinya pertandingan, seni suara adalah keindahan suara, sedang kongkrus seni suara yaitu merupakan pertandingan tentang keindahan suara.

Karena yang dipertandingkan adalah Keindahan suara dari anggung burung Derkuku, maka didalam bab ini akan dijelaskan sedikit mengenai jenis alunan anggung burung Derkuku. Sedang nama konkurs sering di sebut oleh pecinta burung perkutut dan  derkuku yang akan melombakan kedua jenis burung ini. 

Yang dapat dinilai secara inti adalah jenis anggung yang sifatnya permanent tetapi soal bodi tidak dinilai saat di lombakan. Kejelasan penilaian yang lain akan di kupas di lain judul, silahkan simak.

Untuk menentukan nilai dari alunan anggung burung Derkuku persyaratan dasar yang harus dipenuhi adalah kelengkapan dari alunan anggungnya, kemudian irama atau gaya lagunya baru yang terakhir mengenai asar suara.

Sehinngga jelas bahwa burung Derkuku yang dapat dinilai suaranya apabila burung yang dimaksudkan mengeluarkan sura atau manggung secara lengkap.

Dinamakan lengkap karena alunan anggung burung Derkuku secara keseluruhan dibagi menjadi 3 ( tiga ) komponen yaitu :

Depan Tengah   Ujung    

Karena disamping berbunyi / manggung secara lengkap, ada juga jenis suara yang dinamakan manggung medhoki dan manggung mbekur bahkan ada juga burung Derkuku yang manggunya lengkap tetapi mampunyai ujung 2 ( dua ) not atau lebih.

Dinamakan manggung medhoki karena jenis suara yang dilantunkan nadanya lemah dan biasanya komponen depan tidak jelas serta item anggungnya tidak teratur. Suara yang demikian seolah – olah mempunyai maksud bahwa burung jantan memanggil burung betina agar dekat dengannya.

Dinamakan suara mbekur karena jenis suara yang dilantunkan secara keseluruhan tidak memakai angkatan / depan, tengah, ujung. Jarak mbekur yang pertama diteruskan dengan mbekur yang ke dua, ketiga dan seterusnya itu tidak teratur.

Suara yang demikian mempunyai maksud bahwa burung Derkuku jantan ingin memperlihatkan sifat kejantannya.

Burung erkuku anggungnya lengkap tetapi komponen ujungnya lebih ari satu not, seperti misalnya DEEG. KII, KHIIUU, KHU KHUU. Jenis yang terkhir ini merupakan keistimewaan karena mempunyai nafas yang lebih panjang.

Tetapi dengan komponen suara ujung yang terdiri ari 2 ( dua )  not yaitu KHU KHUU secara langsung akan mempengaruhi irama dan gaya lagunya menjadi tidak beraturan. ( red : to/fiq

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Peresmian AK BF Jogja 20 Agustus 2015 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   15918484 Page View
    Visitors   818749 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online