Di hari raya yang penuh kedamaian ini keluarga besar media majalahburungpas.com, baik staf dan wartawan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1438 H/2017,
Kembali Ke Index Berita

Potensi air terjun Jurug Gembyong Ngoro-oro berpotensi sebagai Pendapatan asli Desa

Rabu, 18 Januari 2012 | 07:46 WIB
Dibaca: 5224
Potensi air terjun Jurug Gembyong Ngoro-oro berpotensi sebagai Pendapatan asli Desa
aiar terjun jurug

Gunungkidul–Pas.tv group majalahburungpas.com menyajikan  berita wisata air terjun. Berwisata mengunjungi air terjun memang mengasyikan, apalagi gemercik airnya indah hingga mampu menghibur.  Mungkin pemirsa kenal dengan grojogan sewu di Tawangmangu, di sana air terjunnya menjadi tempat wisata favorit para pecinta wisata. 

Di DIY team pemburu wisata majalahburungpas,com juga menemukan air terjun yang cukup unik juga menarik untuk di kunjungi, lokasi air terjun ini memang belum setenar di daerah yang lain, namun lokasinya sudah sering menjadi jujugan  banyak orang.

Di sebuah dusun yang berbatasan dengan kecamatan Prambanan, tepatnya Dusun Gembyong Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul ternyata memiliki air terjun yang eksotis dengan panorama alamnya yang memikat.

Di desa tersebut wisata alamnya berupa air terjun memang belum di kelola sebagai  tempat wisata, padahal panorama itu dapat menjadi salah satu potensi Pendapatan Asli Desa yang besar, dan ini sangat di mungkinkan.

Lokasinya pun  sudah di kunjung  para wisatawan dari berbagai daerah, terutama di saat hari libur.  Lokasi air terjun ini bernama JURUG (dinamai  jurug) karena lokasinya agak menjorok kedalam atau lokasinya dalam, sehingga warga di sekitarnya menyebut  grojogan jurug yang di ambil dari kata menjorok atau lokasi yang dalam.

Sebelum melihat Air  terjun jurug,  pengunjung akan di kagetkan dengan suasana alam dan jembatan gantung, yang boleh di kata ini unik dan tertinggi di DIY, sebab memiliki ketinggian sekitar 70 meter dari dasar sungai.

Untuk menuju air terjun tersebut harus memakai pemandu warga sebab jalannya terjal dan berliku, selain itu pengunjung bisa juga dengan berjalan menyusuri pinggir kali atau lewat pematang sawah, jarak terjunan air dengan jembatan gantung sekitar 300 meter ke barat.

Panjang jembatan gantung tersebut sekitar  90 meter yang kanan kirinya di selimuti panorama alam yang unik dan masih asli. 

Air  terjun Jurug juga berdekatan dengan air terjun yang lain, dimana di atasnya juga ada air terjun Guyangan. Di nama Guyangan,karena lokasinya sering di pakai untuk mengguyang Sapi, sehingga pantas di sebut  air terjun Guyangan. Air terjun yang kedua ini memang tidak setinggi Jurug, selain  lokasi juga mudah di lihat dari atas jembatan gantung.

Air terjun guyangan   hanya setinggi sekitar 3 meteran saja, dan ciri khas air terjunnya agak melingkar.  Air terjun Guyangan ini merupakan pertemuan dua sungai  dari selatan dan timur.  

Lokasi air terjun Guyangan  ini lebih dekat  dengan jembatan gantung,selain juga masih satu jalur dengan  air terjun  Jurug. Untuk menuju lokasi, pengunjung dapat  menempuh melalui perempatan Tawangsari  keutara  sejauh 1.5 km dengan  menyusuri akses  jalan beraspal dan sebagian cor. 

Ketika musim kemarau, pernah terpantau banyak di kunjungi sebagai  tempat untuk pengambilan foto dan shooting para pendemen wisata, dan bahkan ada yang mengaku artis dan calon artis.

Nah pemirsa tertarik ndak dengan wisata yang ini ? Pas tv online membuka inspirasi. Lebih lanjut tentang Jurug ini dapat di lihat secara visual di Pas Tv “Team  red “


Berita Terkait


2 Komentar


jo sobondeso
Jumat, 4 Mei 2012 | 02:26 WIB
asik.. Boleh minta rutenya dr arah prambanan. Nuwun
Balas
purwantiningsih
Rabu, 22 Mei 2013 | 21:44 WIB
alamatnya dari arah patuk radio gcd belok kiri kurang lebih 8 km sampai puskesmas patuk II belok kiri atau ke utara 3km baru deh sampai
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkutut putih ada daya kleniknya in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11957836 Page View
    Visitors   655230 Pengunjung
    Visitor Online   18 Pengunjung Online