Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Sekaten tak boleh kehilangan roh maksud penylenggaraan Suguhan tontonan hendaknya tidak bertentangan nilai-nilai agama Islam”

Minggu, 12 November 2017 | 14:08 WIB
Dibaca: 673
Sekaten tak boleh kehilangan roh maksud penylenggaraan Suguhan tontonan hendaknya tidak bertentangan  nilai-nilai agama Islam”
PEMBUKAAN SEKATEN TAHUN 2017 DI HIBUR TARI-TARIAN KLASIK

Jogjakarta-media hobi majalahburungpas.com, warta info umum warta daerah, salah satu ikon jogja yang setiap tahun di gelar adalah grebegan. Sebelum acara grebeg besar ini di buka maka di dahului dengan adanya pasar malam sekaten di alun-alun utara  depan pagelaran Kraton Ngayogyokarto Hadiningraat.

Sekaten ditandai dengan prosesi jejak boto, secara  simbolis mengawali  perayaan Sekaten.Dulu  ketika kelahiran untuk menegaskan kepada  rakyat,bahwa  kasultanan Demak telah meninggalkan kepercayaan  animisme,  dan masuk agama Islam, sehingga keraton sebagai pusat budaya Islam.

Dari kelahiran   Sekaten terentang benang  merah sejarah  hubungan antara budaya Jawa dan Islam, selain sebagai wahana olah budaya Islami,menjadi  ajang olah ekonomi kerakyatan sehingga memperjelas tema Sekaten  2017 “ Ekonomi, Budaya dan Religi.

Pasar Malam  Perayaan Sekaten Tahun Dal  1951/Hijriah  1439 Masehi 2017 resmi dibuka dengan ditandai pemukulan Kethuk oleh Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X, mewakili  Gubernur yang berhalangan  hadir.

Dalam sambutannya  Gubernur  DIY yang dibacakan, KGPAA Paku Alam X menyatakan perayaan sekaten  bertepatan dengan 72 tahun Hari  Pahlawan, sehingga bertemunya   dua momentum memiliki  kekhasan  yang istimewa.

Kami berharap  agar  PMPS  yang berlangsung tetap  mempertahankan makna sakralnya,” demikian  Wagub.

Sementara itu kepada awak media pastvnews.com, di sela sela acara Wakil Walikota Yogyakarta,Drs. Heroe Purwadi, di jelaskan, perayaan Sekaten sebagai refleksi semangat relegi,budaya dan tumbuhnya perekonomian di Yogyakarta.

Terpantau media pastvnews.com, setidaknya Perayaan Sekaten dibagi dua  zone perdagangan umum  sebanyak 466 stand,dan zone pemerintah akan diisi Pemda,Kemenag DIY, Dekranasda,stand UMKM berasal dari  14 kecamatan di DIY sedang untuk menampilkan potensi seni dan budaya disediakan panggung pariwisata yang bisa di nikmati pengunjung.

Dalam perayaan Sekaten  tahun  2017 Pemkot  kota Jogja menargetkan pemasukan 1 milyar. Heniy Astiyanto,SH salah seorang Ketua  Pimpinan  Muhammadiyah Yogyakata, seharusnya Sekaten tidak kehilangan roh atau  maksud  penyelenggaraan.

Termasuk dalam penyelenggaraan  Pasar Malam Perayaan Sekaten, sebagai acara  pendukug PMPS juga harus sesuai dengan makna  religius. “ Target keutungan dari penyelenggaraan  PMPS boleh-boleh saja, tapi bukan  semata itu, disuguhan tontonan hendaknya tidak bertentangan  nilai-nilai agama Islam” paparnya.” Isan Riyanto


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Pelanggaran akan di tindak tegas dan di skorsing dalam lomba perkutut nasional in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12681503 Page View
    Visitors   681803 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online