majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Tips- tips merawat burung ocehan "Perhatikan menu makan plus exstra Foodingnya

Sabtu, 16 Juli 2011 | 10:02 WIB
Dibaca: 5736
Tips- tips merawat burung ocehan "Perhatikan menu makan  plus exstra Foodingnya
Ilustrasi Perawatan burung ocehan

Majalahburungpas.com, majalah online era warta digital. Kicau mania tentu tahu dalam merawat burung ocehan kesayangan, agar burung tersebut tampil ciamik, bila akan di lombakan atau pun saat mau di dengar suaranya. Agar burung tetap bagus maka perlu perawatan yang optimal.

Kini Burung ocehan menjadi salah satu bagian dan tujuan kicau mania sebagai tempat untuk menyalurkan hobi yang terkandung nilai refresing/rilek dan bisnis.

Seiring melambungnya gengsi dalam memiliki burung ocehan, memang perlu ketelitian dalam merawatnya,apalagi burung tersebut berharga mahal serta mempunyai kicauan yang menarik.

Untuk mencetak burung kicauan agar bisa terdongkrak tinggi akan nilai jualnya, di perlukan ketelatenan dan keseriusan yang memendalam.untuk memberikan rasa nyaman terhadap burung, terutama menu makannya penggemar perlu memperhatikan beberapa hal sebagai beikut:

Pertama menu jangkrik merupakan makanan tambahan yang sangat di gemari bagi burung berkicau.  Jangkrik juga dapat sebagi extra Fooding yang karena kadar proteinnya sangat tinggi yang mencapai 60%.

Sedang kandungan vitamin yang terkandung di dalam jangkrik serta lemaknya juga sangat di butuhkan burung berkicau. Dimata kicau mania, saat ini jangkrik merupakan hal yang pokok, bahkan wajib sebagai ekstra fooding yang mudah di serap.

Menurut beberapa penggemar yang memiliki burung jawara, jangkrik merupakan salah satu kunci dalam mencetak juara, sebab dapat mendongkrak semangat berkicau. Pemberian ekstra fooding ini tidak boleh terlalu banyak (sesuai selera, sebab burung juga suka makanan  yang selain ini. Pengguanaan jangkrik di beberapa daerah terus saja meningkat, sehingga kadang melimpah kadang juga susah di cari bila pengguna boming hargapun kadang naik turun.

Kedua adalah Kroto. Kroto adalah sebangsa serangga  yang mempunyai daya genjot yang cukup bagus terhadap burung ocehan sebab juga terkandung protein yang tinggi melebihi jangkrik. Kroto bila di santap juga sangat mudah di cerna, sedang kandungan lemak serta seratnya tipis. Keberadaan kroto juga tidak terlalu sulit dan dapat di beli di toko pakan burung serta pasar burung.

Kekurangan dari bahan ini bila di simpan lama akan mudah busuk, selain juga harga kadang mahal, hal ini sering terjadi  karena sampai saat ini kroto belum dapat di ternak, dan yang berdar di pasaran adalah hasil tangkapan dari kebun, dan hutan. Tak heran karena harga yang demkian pernah kroto tembus Rp. 200.000 perkgnya. Nah anda yang tertarik, ini sebagai peluang menjadi peternak Kroto(ngangrang) yang berprospek cerah

Ketiga Ulat Hongkong. Adalah juga menjadi makan faforit burung ocehan akan tetapi  pengguanaanya tidak banyak. Ulat ini berwarna kuning keemasan, juga mudaah di dapat. Ulat yang beredar saat ini, adalah hasil tangkaran. Ulat hongkong bianya banyak di sukai burung cucak hijau, cendet, kacer, dll. Penggunaan ulat sebaiknya di batas seabab bila kebanyakan akan mengakibatkan mata sakit dan terlihat putih (mletis tak dapat melihat)

Ke empat Pisang kepok putih, pisang ini sangat di sukai burung ocehan semisal Cucak rowo, Cucak hijau Jenggot dan lain lain Komudity ini mudah di cari, karena ini hasil budidaya para petani yang setiap sat mudah di cari, harga satu tundun bervariasi tergantung kualitas barang, namun biasanya 8000 s/d 20.000

Pisang kepok kuning merupakan pisang yang buahnya berwarna kuning juga di sukai oleh manusia, demikian juga burung, tetapi untuk pisang kapok kuning ini, bagi kicau mania di berikan sebagai salah satu arternatif  bila tidak ada kepok putih, hal ini di sebabkan bila di makan burung rasanya terlalu manis dan lengket di paruh.

Ke lima Belalang  adalah juga sebagai makanan burung ocehan. Belalang susah di cari bila adapun hanya di tempat tempat tertentu, dan di pasar burung. Menu burung yang lain berupa cacing, juga demikian pentinga bagi si burung ocehan.

Cacing sebagai menu yang penting,  sebab bila burung memakannya bulu akan tampak mengkilat cerah apalagi bulu sehabis rontok. Keberadaan cacing, kini juga mudah di dapat dan bisa di ternak. Penggunaan cacing sebaiknya di netralkan dulu agar terbebas dari kotoranya.

Ke enam Voer/pakan cetakan pabrik. Adalah menu yang telah di rancang secara khusus yang tidak mengabaikan kandungan gizinya sebagai pakan untuk keperluan burung ocehan. Pakan ini beraneka ragam warna dan bentuknya, di pasaran juga terdapat pilihan untuk piyik ataupun bagi burung dewasa.

Ke tujuh minuman Feed Sulpemen, merupakan bagian yang penting dan di pakai oleh penggemar burung  sebagai penyeimbang stamina. Barang ini mudah di cari dalam berbagai bentuk ukuran dan kemasan,  yang berupa cairan.

Sedang Pil atau capsul juga sangat di perlukan oleh penggemar burung, biasanya barang barang tersebut multiguna semisal untuk pengobatan, dan lain lainya. Nah pemirsa, bila anda akan dan ingin memelihara burung dan atau belum tahu apa menun menunya, artikel ini membantu anda agar dapat memeliharanya, dan bagi anda yang sudah lebih faham, tulisan ini berguna sebagai pengingat saja, redaksi tak bermasud menggurui.

Kemudian penggunaan barang barang tersebut, sebaiknya juga di konsultasikan kepada yang sudah berpengalaman, setiap pecinta burung pasti tips ini akan anda sajikan sebagai bentuk rasa sayang terhadap burung peliharaan anda betulkan ? (red)  


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Lomba derkuku tutup tahun 2013 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5297285 Page View
    Visitors   376706 Pengunjung
    Visitor Online   16 Pengunjung Online