majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Tips perawatan murai batu jelang di lombakan

Selasa, 6 Desember 2011 | 11:02 WIB
Dibaca: 8626
Tips perawatan murai batu jelang di lombakan
FOTO MURAY BATU

Majalah burung pas.com, Anda penggemar burung ocehan murai batu ?  berikut jenis murai yang tergolong unik. Burung ini bila di fungsikan sebagai burung kontes/lomba maka burung tersebut perlu di lihat berapa umurnya agar ketika tampil tidak ngedrop mentalnya. Penggemar  dalam melombakan dewasa ini sudah ada yang melombakan sejak burung masih muda.

Murai batu akan memiliki top form yang oke setelah umur burung mencapai 2 tahun, 4 tahun, ada pula yang sampai 6 tahun.

Makin tambah umur, burung akan semakin kuat mentalnya tentu saja  bila terus dilatih secra rutin. Batasan cukup umur adalah saat murai atau selesai mabung pertama dan mulai menunjukkan keberanian.

Tempat perawatan bagi murai memang tidak begitu masalah, apalagi dengan faktor kebiasaan saja,dan  kapan seringnya keluar rumah atau dimasukkan rumah, maka setiap penggemar akan mudah melakukan dalam merawat burung tersebut.

Berikut tips kalau stamina mengalami drop maka kita perlu mencoba meningkatkan perawatan rutinnya seperti mandi-jemur dan pemberian makanan yang seimbang. Jika burung sulit mandi sendiri saat pertama masuk ke bak mandi mengalami trauma.

Coba anda upayakan tahap demi tahap cara memandikannya agar burung mandi sendiri. Pancing memakai handspray atau jangkrik di bak mandi saat sangkar mulai dibuka.

Dalam hal makanan, untuk mendapatkan kondisi burung yang selalu prima dan mau mengeluarkan bunyi emasnya maka rangsum  makan yang baik adalah satu sendok teh kroto dan jangkrik 4 ekor (pagi) dan  4 ekor jangkrik saja pada sorenya. Beri sekali-kali ulat bumbung atau ulat kandang secukupnya.

MEREDAM KEGANASAN

Disaat menemui kondisi sedang birahi, biasanya murai batu menunjukkan gelagat yang sangat ganas,dan dia seakan ingin melabrak setiap burung lain yang di dekatkan dengannya. Dengan keadaan ini tentu saja kurang bagus untuk lomba, karena kemungkinan besar ia akan loncat-loncat saja dan suaranya kurang maksimal. Bahkan kelihatan hanya ingin melabrak musuh saja.

Dalam kondisi yang demikian jika burung ingin diturunkan dalam lomba, maka agar burung nanti dapat tetap tampil bagus maka jalan yang ditempuh adalah menurunkan sifat birahi yang ada padanya.

Caranya adalah dengan mengurangi asupan jangkriknya dan jangan sekali-kali ditemukan dengan betina. Tiap hari mandikan secara rutin, bila perlu pagi dan sore. Untuk perawatan tetap seperti biasa dan harus dimandikan sebelum bertarung”Hanis syam


Berita Terkait


1 Komentar


sapta_aza
Rabu, 14 Maret 2012 | 10:43 WIB
Maf nh iktan nanya klo mure batu tdi'a ska mdi dkrmba tpi skrg2 jdi susah mdi,gmana cra'a biar mngmblikan kbiasaan mdi dkrmba. Trim's ats saran'a.
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kesenian Tradisionil Warok Joyo Mangkuro Patuk Gunungkidul menghibur wisatawan in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4954402 Page View
    Visitors   352831 Pengunjung
    Visitor Online   18 Pengunjung Online