majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Tips mengetahui jenis kelamin kenari

Minggu, 7 Agustus 2011 | 14:15 WIB
Dibaca: 7670
Tips mengetahui jenis kelamin kenari
KENARI SEDANG MENGERAMI TELURNYA.

Majalah burung pas, masih berkaitan burung kenari, Cara termudah adalah dengan mendengarkan suaranya. Kicauan kenari jantan lebih lantang dibandingkan dengan kicauan kenari betina. Cara lain untuk membedakan jenis kelamin kenari adalah melaui pengamatan duburnya.

Cara ini juga dilakukan oleh penggemar puyuh atau peternak ayam. Jika ditiup pelan – pelan dubur yang berkelamin jantan akan kelihatan lancip, sedangkan yang betina kelihaan tumpul.

Penentuan jenis kelamin juga dapat dilakukan dari pengamatan bentuk kepala dan lehernya. Bentuk kepala kenari jantan biasanya tampak lebih bulat dibandingkan dengan kepala kenari betina.

Leher kenari jantan lebih pendek dan lebih besar dibanding dengan leher kenari betina. Jika diamati sepintas, kepala dan leher kenari jantan terlihat menyatu. Berbeda dengan kenari betina, kepala dan lehernya tampak jelas dibedakan. Selain itu, leher kenari betina lebih ramping dan panjang.

Burung betina dewasa yang sedang birahi dan telah siap untuk kawin, perut dan duburnya mengembang dan tampak lembut. Perut kenari betina kelihatan mulus tanpa terliaht tonjolan seperti kenari jantan.

Pada saat kenari masih muda, membedakan antara jantan dan betina sangat sulit dilakukan, bahkan oleh penangkar ahli sekalipun. Diperlukan pengamatan dalam waktu lama dan intuisi tajam untuk membedakannya. Untuk itu ada bebrapa hal yang dapat diperhatikan untuk mengindikasikan jantan dan betina.

Kicauan kenari jantan lebih lantang dibandingkan dengan kenari betina. Untuk pemula, membedakan kicauan bukanlah hal mudah, tetapi bagi yang sudah paham kicauan kenari dapatmengindikasikan jantan dan betina.

Bila ekornya agak diangkat, pada dubur kenari jantan terdapat tonjolan yang seimbang dengan besar badannya. Kenari jantan dewasa yang besar akan memiliki tonjolan yang besar, sedangkan kenari yang agak kecil akan memiliki tonjolan yang agak kecil juga. Tanda ini tidak terdapat pada kenari betina dewasa.

HAL PENTING

Tergantung dari tingkah laku sang jantan. Jika perkawinan dan pengeraman menggunakan sangkar yang cukup besar  untuk dua kenari, tidak perlu diadakan pemisahan diantara keduanya.

Kenari jantan yang baik akan memberikan dukungan kepada kenari betina yang sedang mengeram dengan cara bernyanyi. Jika betina meninggalkan sarang untuk waktu yang tidak terlalu lama, kenari jantan akan menggantikannya dalam mengeram.

Memisahkan kenari jantan dengan betina yang sedang mengeram dapat memunculkan persoalan lain. Jantan akan bernyanyi sekeras kerasnya untuk memanggil si betina dan betina akan gelisah lalu meninggalkan sarangnya.

Selain itu “ keributan “ yang dimunculkannya dapat juga mengganggu betina lain yang sedang mengerami telur. Karenanya sebaiknya tetap membiarkan jantan bersatu dengan betina kecuali jika jantan berperilaku buruk, dengan mengganggu betina yang sedang mengeram, memburu betina hingga meninggalkan sarang atau menuntut untuk bersama - sama dalam sarang. red*


Berita Terkait


3 Komentar


ocehanburung
Jumat, 5 Oktober 2012 | 14:44 WIB
bos... ada picture atau fotonya untuk membedakan alat kelaminnya ngga gan...
Balas
karya bf jogja
Selasa, 26 Februari 2013 | 20:02 WIB
maaf om, kurang detail
Balas
Mumuh Mansur
Selasa, 12 Maret 2013 | 21:25 WIB
Boss, yg bikin sarang jantan apa betina?
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Pelanggaran akan di tindak tegas dan di skorsing dalam lomba perkutut nasional in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5446157 Page View
    Visitors   385328 Pengunjung
    Visitor Online   19 Pengunjung Online