majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Tips memilih Indukan jantan dan betina burung ocehan

Senin, 18 Juli 2011 | 19:17 WIB
Dibaca: 7525
Tips memilih Indukan jantan dan betina burung ocehan
DUA BURUNG ILUSTRASI PEMILIHAN JANTAN DAN BETINA

Majalah Burung Pas.com, Apakah anda melirik burung ocehan  atau mungkin anda  ingin beternak burung yang selain ocehan ? Bila menginginkan menjadi penangkar burung, tips ini adalah pengetahuan yang berguna bagi anda penghobi burung terutama ocehan.

Pengetahuan ini juga bisa di terapkan untuk segala jenis burung ocehan, semisal Jalak, Kenari, Cucak rowo, Love bird, Anis kembang,seperti pada Foto ini, serta Murai batu,  parkit, dan sebagainya, bahkan mungkin juga dapat di terapkan pada burung anggungan, seperti perkutut derkuku dan lainnya. Ternak burung terbilang tidak ada kata sulit kecuali orang malas dan tak mau bekerja. Berbicara suara burung, tentu pula semua mengiyakan agar lingkungan tidak sepi, selain juga ada manfaatnya sebagai hiburan dan ada sisi nilai ekonomisnya.  

PEMILIHAN INDUK YANG BERKUALITAS.

Pemilihan induk adalah suatu langkah yang paling awal dalam menetukan menjadi pebreeder karena menyeleksian indukan yang paling utama, adalah memilih burung yang sehat.

Burung yang sehat,  dapat dipilih, apabila burung tersebut mempunyai pandangan dan sorot mata yang tajam, serta jernih, selain juga jangan memilih bagian mukanya yang  pucat.

Pilihan juga bisa dilihat, pada gerak gerik dan perilaku yang lincah, tidak loyo, sayap tidak sengkleh ke bawah/rusak ( tidak turun ke bawah ).

Selanjutnya seleksi untuk memilih indukan,melihat secara fisik yang normal tidak ada yang cacat merupakan hal yang sangat penting pula, di tambah mental yang baik atau tidak mudah stres juga bisa menentukan keberhasilan seorang peternak.

 TIPS MEMILIH JANTAN DAN BETINA

Dalam beternak ada cara untuk menandai jenis kelaminnya, dimana di sekeliling dubur dapat kita raba. Secara fisik memilih burung ocehan yang berjenis kelamin jantan, adalah kepala akan  tampak agak bulat dan besar, warna bulu juga berbeda, yaitu lebih mengkilat tidak ngedop /kusam,sedang  ekor pun juga kelihatan ngempel menjadi satu serta panjang apik.

Bila diperhatikan dengan kasat mata, untuk yang jantan, bila sudah dewasa di sekeliling dubur akan ada warna tersendiri, contoh, di jalak suren ada warna abu – abu. Tips berikutnya pilihlah suara yang keras melengking, dengan gerakannya agresif. Bila ada pilihlah yang bermental semisal trah juara atau blood yang baik.

CIRI-CIRI BETINA .

Di sekeliling dubur, contoh jalak suren akan pula kelihatan berwarna merah. Seperti kita ketahui di atas untuk jantan kepala tampak besar, sedang untuk betina adalah sebaliknya yaitu kepala lebih kecil, ramping, bulupun kurang mengkilat.

kemudian ekor juga sebaliknya agak pendek, sedang untuk betina bila sudah dewasa di sekeliling dubur tampak juga berwarna. Setiap burung ocehan akan ada tanda- tanda khusus  dan berwarna namun tidak semua sama.

Sedang  burung pun bila sudah berbunyi juga tidak keras serta gerak geriknya tidak lincah, tapi tips ini kadang bisa salah, sebab kadang burung bisa mengecoh peternak, bila belum lihai benar,  Di tebak betina malah jantan dan begitu sebaliknya.

Kicau mania yang akan beternak, mengetahui jenis jantan dan betina seperti ini adalah bagian dari salah satu keberhasilan dalam beternak. semoga artikel ini bisa lebih bermanfaat   "Red

 


Berita Terkait


1 Komentar


fajar
Jumat, 9 Mei 2014 | 09:30 WIB
bagaimanakah pembuatan kandang pada saat ingin beternak burung pentet,serta bagaimanakah menentukan indukan pentet yang baik
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Breeding murai batu terus di lirik, suara kicauannya bagian dari hiburan in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5301317 Page View
    Visitors   376956 Pengunjung
    Visitor Online   18 Pengunjung Online