Media online majalahburungpas.com, ragam warta hobi, wisata dan umum dapat pemirsa baca dan ikuti dengan mudah klik dengan broswer poncel anda.
Kembali Ke Index Berita

Murai batu ekor panjang dan pendek masih menjadi perdebatan sengit ?

Kamis, 16 Februari 2012 | 11:22 WIB
Dibaca: 8988
Murai batu ekor panjang dan pendek masih menjadi perdebatan sengit ?
DOK FOTO MURAI EKOR PANJANG

Majalahburungpas.com,membicarakan soal yang panjang-panjang se akan tiada habisnya, apalagi topiq kali ini masih menjadi menu utama berkaitan dengan panjang tersebut, namun jangan salah tafsir panjang yang redaksi maksud adalah murai ekor panjang yang di kenal Murai Medan, serta Murai ekor pendek di kenal murai Lampung atau Kalimantan juga Borneo.

Burung murai sampai saat ini masih menjadi perdebatan sengit, di kalangan penggemar burung ocehan, terutama penghobi murai batu. Media majalahburungpas.com walaupun sudah banyak menyajikan beragam narasumber tentang hal itu, tetap saja murai menjadi biang perbincangan sehingga harga murai meroket.

Salah satu peternak senior Bapak Joko tinggal di Sleman Yogyakarta, yang beternak  murai dan berhasil di korek tentang murai Medan dan bukan Medan Joko punya kisah nyata dan itu cukup menarik,  dalam memahami burung murai batu ekor panjang tersebut. 

MURAI BATU EKOR PENDEK

Joko Susilo menguraikan, sekitar tahun 1990 an, dia datang di tempat saudaranya di Sumatera namun bukan di Medan, nah kedatangan dia itu untuk memastikan apa benar burung murai ekor panjang itu asli medan ? 

Suatu hari saya ketemu pengepul burung murai, dimana burung murai-murainya telah di pilih-pilih, dan yang ekor pendek di jadikan satu,  begitu pula yang ekor panjang juga di satukan.

<< Joko peternak murai ekor panjang.

Menariknya pengepul atau bakul ini mengatakan, Murai yang ekor panjang di bawa ke Medan setelah itu di terbangkan Ke Jakarta, pedagang tersebut juga menjelaskan, harga di Sumatera kan masih murah, berbeda dengan harga di DKI, bisa tembus lebih mahal, apalagi itu yang ekor panjang,

“kata pedagang tersebut, ketika di tirukan Joko yang saat itu memberondong soal  murai yang di kumpulkannya tersebut.  

Nah sejak itulah, saya sadar, dan saya langsung mengambil kesimpulan bahwa murai ekor panjang tersebut belum tentu dari Medan, jadi apabila kita berpolemik tentang murai ini,,  yaa itu anda sendiri yang akan mengatakan apakah murai itu medan atau bukan, sebab setiap peternak atau penggemar murai, memiliki pemahaman masing- masing sesuai info yang di dapat "kata Joko.

Jadi ketika saya ditanya soal murai ekor panjang  apa pasti Medan ? saya hanya menceritakan seperti pengalaman saya dulu, namun pria ini juga memberi argumentasi, bahwa yang dia ternak adalah murai ekor panjang. “kata Joko saat menjawab beragam pertanyaan tentang murai batu kepada wartawan majalahburungpas.com ini.

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kirab prajurit mengawal wiwitan menjelang panen padi in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4281852 Page View
    Visitors   308607 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online