majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Mengenal Jenis-jenis kenari

Minggu, 7 Agustus 2011 | 13:47 WIB
Dibaca: 10094
Mengenal Jenis-jenis kenari
KENARI RED/MERAH

Top Ilmiah - majalahburungpas.com, mengenalkan Jenis -jenis. Kenari yang sudah di ketahui kini sudah mencapai 96 jenis. Bila ditambah hasil uji coba kawin silang yang dilakukan peternak bisa menambah jumlah jenis kenari yang ada hingga mencapai ratusan jenis.

Pengelompokan jenis kenari yang ada dapat dilakukan berdasarkan daerah asal, hasil pengembangan, atau berdasarkan hal – hal lainya.

Penggemar kenari suka karena kemerduan suaranya serta keindahan bulu dan bentuknya. Untuk itu perlu diketahui ciri – ciri dan jenis kenari yang mempunyai kelebihan baik dari segi suara, bentuk, maupun warna bulunya.

Kenari bersuara merdu

Kenari yang dianggap sebagai burung penyanyi adalah kenari yang mempunyai kelebihan dari segi suara. Kelebihan lain seperti keindahan bulu dan keunikan bentuk kurang diperhatikan. Berikut ini beberapa jenis kenari bersuara istimewa yang menjadi pilihan untuk dipelihara :

1. Waterslager

Kenari waterslager sudah tidak diragukan lagi kepandaiannya untuk bernyanyi. Burung ini mendapat pengakuan mampu memiliki lima belas macam irama bahkan lebih.

Sebenarnya burung ini berasal dari Belgia, tetapi yang masuk ke Indonesia adalah hasil pengembangan dari Negara Belanda. Sejak awal kontes kenari tahun 70 an, waterslager sangat menonjol perstasinya dan dapat diandalkan sebagai burung penyanyi.

2. Yorkshire

Kenari Yorkshire merupakan burung penyanyi yang mempunyai badan tegak dan ideal. Bahkan di Inggris negara asal Yorkshire burung ini diandalkan untuk body kontes.

Yorkshire yang mempunyai panjang badan 10 cm, merupakan hasil persilangan anatara kenari Belgia dengan Lancashire yang dikembangkan di daerah Yorkshire juga mempunyai kepandaian meniru suara burung lain yang dijadikan master.

3.  Border

Tubuh kenari border yang terkesan mungil dan serba bulat berasal dari Border, daerah perbatasan Inggris dan Scotlandia. Burung ini hanya mempunyai panjang tubuh sekitar 8 cm.

Border merupakan salah satu kenari yang sangat popular dan di tahun 80an mencapai kejayaanya karena menjadi buruan penggemar kenari. Ia juga dikenal memiliki irama yang bagus dan tekukan - tekukan yang tajam. Fife fancy juga termasuk kenari border yang mempunyai badan lebih kecil dari border fancy.

4.  Norwich

Sesuai dengan namanya kenari jenis ini dikembangkan di Norwich, daerah Norflok Inggris. Kenari Norwich mempunyai jambul yang tebal hingga menutupi mata ( seperti burung bertopi ) dengan panjang badan sekitar 10 cm. Kenari Norwich disukai para penggemar karena dikenal memiliki suara yang keras dan badan yang menawan. Kenari Norwich bisa dikenali dari punggung dan dada yang lebar serta agak pendek sehingga bentuknya kelihatan agak bulat. Demikian pula paruh, leher, sayap, kaki dan ekornya pendek.

 

Jenis burung ini juga mempunyai warna – warna  yang menarik kuning, hijau, oranye dan perpaduan berbagai warna. Hanya saja belum pernah dijumpai kenari Norwich yang berwarna putih polos.

5.   Gloster

Kenari gloster tidak hanya piawai dalam menyanyi, tetapi ada juga yang unik. Yang berjambul seperti Norwich dikenal dengan sebutan gloster corona, sementara yang berkepala polos di sebut gloster consort.

Gloster mempunyai panjang tubuh maksimal tidak lebih dari 12 cm. Munculnya dua jenis gloster ini merupakan hasil keturunan persilangan antara Norwich dengan Border yang di kembangkan oleh peternak di Inggris.

6.   Roller

Kenari roller juga dikenal dengan nama Harzers karena merupakan keturunan kenari dari Jerman yang dikembangkan di pegunungan Hartz.

Disebut Roller karena suaranya yang terus ngerol. Saat bunyi burung ini tidak henti – henti mengeluarkan berbagai irama dengan nada yang sangat bervariasi, dari segi nada tinggi melengking hingga rendah dan terdengar merdu. Panjang badan roller sekitar 7,5 cm.

Ciri sebagai burung penyanyi terlihat pada gelembung suara yang terdapat di bawah dagu. Bagian tersebut sangat kelihatan dan besarnya hampir sama dengan kepalanya. Bulu roller yang banyak di jumpai berwarna hijau dan terdapat garis – garis dibagian punggungnya. Jenis kenari juga dikembangkan di Belanda yang lebih dikenal dengan nama Saksicsh, selain dikembangkan di Belgia.

7.   Fusan

Kenari fusan berasal dari Taiwan tetapi banyak di pelihara dan dikembangkan di Cina, terutama di daerah Fusan. Daerah perkembangan dan factor pemeliharaan yang berbeda bisa menyebabkan perbedaan postur tubuh.

Kenari fusan yang dikembangkan di Cina lebih kecil dibandingkan fusan dari Taiwan. Meski suaranya sama – sama bagus, tetapi fusan dari Taiwan saat berkicau sering terputus – putus.

Sementara fusan dari Cina bisa monoton dalam waktu relative lama. * Red Majalahburungpas.com*

 


Berita Terkait


1 Komentar


rhsimarmata
Selasa, 23 Juli 2013 | 06:39 WIB
trims atas penjelaSan tentang cenari pak
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kura kura galapagos suka makan kacang panjang in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5249429 Page View
    Visitors   373455 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online