Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Tiga sifat manusia sulit dikendalikan

Rabu, 30 November 2011 | 11:20 WIB
Dibaca: 8632
Tiga sifat manusia sulit dikendalikan
30 AGUSTUS 2011 RIBUAN JAMAAH DAN WARGA SE DESA NGORO-ORO KHUSUK IKUTI SHOLAT IDUL FITRI 2011

Liputan Majalahburungpas.com, halaman social ibadah, kali ini kami mengambil lokasi sholat idul Fitri  1 syawal 1432 H/2011 di lapangan sepak bola  Desa Ngoro-oro, Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Sekilas info desa ini warganya 100 persen beragama Islam.

Hari raya idul fitri meskipun keputusan Kemenag RI  Idul fitri jatuh tanggal 31 Agustus, tetapi warga dan para pamong desa di daerah ini mengikuti instruksi PP.Muhammadiyah dan menggelar Sholat idul Fitri pada tanggal 30 Agustus.

Ribuan warga sedesa Ngoro-oro dikecamatan Patuk Gunungkidul itu tumplek bleg di lapangan karang weru untuk melaksanakan sholat jamaah idul fitri tahun 2011. Saking banyaknya ketika bubaran jalan utama menjadi macet, selain berbagai kendaraan seperti truk colt, roda dua dan sebagainya menjadi alat untuk mengangkut para jamaah dari 9 dusun di desa tersebut.

AKAN SHOLAT

KHOTIB IDUL FITRI SDR NGATIMIN

RIBUAN JAMAAH MEMACETKAN JALAN UTAMA

Khotib atau da’i muda bernama Ngatimin asal dusun Sepat dalam ceramahnya, memberikan arahan bahwa, ucapan tahlil kita hanya di peruntukan kepada Alloh. Sedang makna dari puasa Ramadan bagi kaum muslim bisa menumbuhkan rasa hubungan social dan dermawan. Ramadan juga telah memberikan pelajaran supaya lebih mawas diri, hal ini karena setiap mamusia memiliki teman dan juga musuh.

Musuh yang paling berat  adalah melawan hawa nafsu, oleh sebab itu jihad yang paling besar adalah jihad melawan hawa nafsunya sendiri “kata khotib muda tersebut.  Hujjatul Islam Abu hamid Al ghoyali mengatakan ada 3 sipat  yang berpotensi bisa mencelakakan manusia : 

Yang pertama sifat kehewanan, (bahimiyah) dimana menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Kedua Sifat Galak atau buas, ( sabuu’iyyah) sifat yang ini manusia akan banyak menjadi orang yang dholim dan akan tidak adil serta semena-mena.

Dan yang ketiga adalah sifat yang datangnya dari setan yang berusaha mencelakakan sesama manusia sifat yang ini sangat susah untuk di kendalikan. Sifat yang terakhir adalah ruubiyah, merupakan sifat yang akan menuntun jalan yang baik, semisal kesabaran, peduli, keiklasan, dan ke jalan taqwa, oleh sebab itu dengan makna idul fitri seharusnya kita lebih baik dan maju. “papar sang khotib.

Di halaman PAS TV pemirsa dapat melihat secara jelas prosesi idul fitri di desa tersebut. * Nur/fiq


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara burung perkutut jawara milik Agiong Jogja in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12110084 Page View
    Visitors   662984 Pengunjung
    Visitor Online   16 Pengunjung Online