Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan tahun 1435 H/ majalahburungpas.com, juga ada di twitter kilik @majalahburungpas
Kembali Ke Index Berita

Mengintip Peluang Bisnis Merpati Hias

Kamis, 15 Desember 2011 | 18:43 WIB
Dibaca: 14959
Mengintip Peluang Bisnis Merpati Hias
SYARIF MENUNJUKAN MERPATI HIASNYA YANG BERWARNA BLACK

Warta merpati terkini, muatan majalah burung Pas.com, Dua tiga bulan terakhir ini hobiis merpati dikejutkan dengan melambungnya harga merpati hias, sehingga berakibat burung  merpati hias banyak yang nyari. Bagaimana tidak tertarik, bila harga seekor merpati hias bisa mencapai Rp 20 juta.

Maka tak mengherankan jika peluang ini dimanfaatkan oleh peternak sebagai ladang bisnis yang cukup menggiurkan. Salah satu penggemar yang kini konsen melirik merpati adalah Syarif Hidayatullah dimana ia telah merasakan manisnya berbisnis ternak merpati hias tersebut  Berkat kesabaran serta ketekunannya menjalankan usaha peternakan merpati sejak 1995 di farmnya,  kini ia di kenal menjadi jutawan.

Menurut alumnus STTNAS Yogyakarta ini awalnya ia melakoni usaha peternakan merpati hias awalnya hanya sebatas karena hobi. Dulu yang hanya memiliki beberpa pasang indukan merpati dan sebuah kandang yang sederhana akhirnya berkembang dan terus berinovasi agar mampu melayani permintaan pasarnya.

     Ketika kru majalah burung pas.com  ini mengintip areal bird farm merpatinya  yang saat ini di kandang yang berukuran 15x3 m2, juga terlihat sekitar 20 pasang indukan yang di tangkarkan selain juga beragam jenis, seperti induk trah dari Jakobin, double kapite, kapocin, santinet, friil back, king, copachine, karier, black nun, lahore, mike fixer, mispy, organ, grescie modena serta chinese owl, terpantau dengan baik.

      Di antara beberapa jenis tersebut, Jakobin serta santinet merupakan merpati hias yang paling diburu penghobiis, sehingga tak heran apabila harga dari kedua jenis inadalah yang paling mahal. Berbicara bentuk bodi serta penampilan yang unik dari jenis jakobin dan santinet ternyata bagi pemburu merpati yang di kembangkan ini telah menjadi daya pikat tersendiri bagi hobiis merpati hias.

      ”Jakobin memiliki ciri bermatel lebat dan panjang hingga menutup bagian kepala serta di dukung sayap dan ekornya panjangnya hampir sama. Sedangkan santinet berciri khas ekornya seolah ada plong bulat-bulat, dada berdasi, paruh bengkok, berbulu batik sehingga mirip ayam kanada serta dikakinya berbulu lebat” terang pria kelahiran Cirebon ini.

      Menjawab pertanyaan majalahburungpas tentang jaringan pasarnya Syarif memgatakan saat ini pasar Jawa Timur merupakan pasar terbaik. Merpati hias mania di wilayah timur berani membeli dengan harga yang tinggi. Demi mendapatkan anakan bahkan indukan yang berkualitas baik mereka pun tak segan-segan datang langsung ke peternakan meski jaraknya jauh. Sementara Jakarta dan Bandung harganya masih di bawah Jawa Timur, utamanya Surabaya.

      Menyinggung soal harga, Syarif mengungkapkan harga anakan berumur kurang lebih dua bulan dipatok antara Rp 200.000,- s/d Rp 250.000,-. Namun untuk jenis merpati hias kipas harganya sedikit dibawah, yakni berkisar Rp 150.000-an. ”Untuk bentuk tertentu dengan warna-warna langka dan bervariasi pernah ada yang menawar seharga Rp 500.000,- tetapi tidak saya lepas” tuturnya menambahkan

      Terlepas dari harga yang ditawarkan Syarif, harga seekor merpati hias di luar peternak bisa mengalami kenaikan yang tinggi. Sehingga bukan hanya peternak tetapi pedagang pun diuntungkan dengan semakin melambungnya merpati hias seiring perburuan para merpati hias mania. anda tertarik ? “majalah burung pas.com membuka inspirasi ”anjar”


Berita Terkait


10 Komentar


Setiakarya Birdfarm (SK BF)
Selasa, 20 Desember 2011 | 12:14 WIB
fb nya apa boz.?
Balas
LUQMAN
Sabtu, 5 Mei 2012 | 20:20 WIB
alamat dan no hp bapak syarif mana ya?
Balas
hossariyono kamil
Kamis, 31 Mei 2012 | 08:57 WIB
no Hp sama alamatnya mana?
Balas
Sigit
Senin, 16 Juli 2012 | 06:18 WIB
No Hp nya tolong Pak Syarif ?Dan apa bisa kirim diluar pulau Jawa? Terimakasih
Balas
DWI ATMONO G
Rabu, 18 Juli 2012 | 13:45 WIB
Mohon informasi bapak, apakah bapak juga beternak merpati homer king ? merpati pedaging. demikian bapak mohon infomasinya. Trimakasih
Balas
purwanto
Minggu, 22 Juli 2012 | 14:44 WIB
mhn alamat dan no telp dong pak sesama hobis merpati hias
Balas
Hare
Selasa, 12 Februari 2013 | 09:15 WIB
Gimana ya? Saya pingin beli merpati hias, tapi apa bisa dilayani kalo di Sulawesi Selatan? Di kota kami, dan di sekitarnya, jarang sekali ada merpati yang bagus2 yang dijual... Saya jadi kesulitan untuk nama koleksi nih. Mohon info...!
Balas
alvimaulana
Minggu, 28 April 2013 | 22:10 WIB
bapa tinggal dimana boleh dong main ke rumah bapak saya juga punyai burung hanya 3pasang?......
Balas
ridwan
Senin, 30 September 2013 | 22:06 WIB
Pak saya boleh minta no HP nya enggak? Saya ??? beli mmerpati hias nya
Balas
Hadi
Selasa, 8 April 2014 | 11:47 WIB
almt dan no hp yang bisa di hub pak ? terimkasih
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kura kura galapagos suka makan kacang panjang in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4753772 Page View
    Visitors   340975 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online