Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Grebek Kraton mampu menarik wisatawan, Domestik dan mancanegara

Minggu, 5 Februari 2012 | 23:11 WIB
Dibaca: 3168
Grebek Kraton mampu menarik wisatawan, Domestik dan mancanegara
Gunungan yang di usung dan di rebutkan masyarakat

Majalahburungpas.com warta seni dan budaya. Minggu 5/2/2012 di Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat menggelar prosesi Grebeg Mulud.

Tahun ini bertepatan dengan tahun Wawu 1945 Jawa, Posesi Grebeg Mulud yang tiap tahun di laksanakan tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Acara puncak pengusungan tujuh buah Gunungan dari Kraton Yogyakarta, di kawal para prajurit kraton dari berbagai bregodo menuju masjid besar kauman.

Sebelumnya acara peracikan serta penyusuan para abdi dalem terlebih dahulu menyelesaikan gunungan kakung yang akan diperebutkan di tiga tempat yakni Masjid Besar Kauman, Kompleks Kepatihan dan terakhir Puro Pakualaman.

Sudah menjadi tradisi dalam acara ini, masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya, ikut menyaksikan,  bahkan para wisatawan asing dan domesticselalu berjubeldi lokasi.  

Tadi malam ini (04/3/2012) merupakan malam terakhir perayaan Sekaten tahun tersebut, setelah selama sebulan acara Sekaten digelar di Alun-Alun Yogyakarta.

Puncak acara Sekaten sendiri ditandai dengan dikeluarkannya 2 perangkat gamelan kraton yang diletakkan dan dimainkan di halaman Masjid Agung Yogyakarta selama seminggu sebelum puncak acara Grebeg Sekaten.

Awal dari acara puncak Sekaten adalah dengan dikeluarkannya gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Naga Wilaga (kalo di Solo adalah Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari) pada tanggal 5 bulan Mulud, seminggu sebelum Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 12 Mulud Tahun Jawa.

Sekitar pukul 23.00, gamelan kraton dikeluarkan dari tempat penyimpanannya, di Bangsal Sri Manganti lalu disinggahkan di Bangsal Ponconiti yang kemudian dengan pengawalan para prajurit kraton, dibawa ke halaman Masjid Agun. “team redaksi/Patma


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Burung kecll Blacktroad kicauannya merdu in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11985009 Page View
    Visitors   656763 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online