Di hari raya yang penuh kedamaian ini keluarga besar media majalahburungpas.com, baik staf dan wartawan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1438 H/2017,
Kembali Ke Index Berita

Apa Bantul memiliki pabrik pedet ?

Rabu, 25 Januari 2012 | 12:51 WIB
Dibaca: 3333
Apa Bantul memiliki pabrik pedet ?
Bapak subardi kiri mendampingi kepala dinas di pertahut bantul Bp. Edy Suharyanto sambil memegang ayam pelung dalam kontes ayam pelung 22 /01/2012

Bantul-Projotamansari,majalahburungpas.com, halaman aneka  satwa tentang warta sapi. Kabupaten Bantul di mata public di kenal dengan wisata alam berupa pantai Parangtritis. Di balik tenarnya wisata yang di milikinya ternyata Bantul juga memiliki segudang pedet yang di hasilkan dari petani ternak sapi,  dimana perbulannya bisa mencapai 18.000 ekor pedet.

Ketua Insiminasi Buatan (IB) Bapak Subardi, memaparkan pedet lahiran Bantul memang tercatat sebanyak itu, lebih lanjut Ia menguraikan potensi untuk memelihara sapi sebenarnya masih sangat terbuka lebar, apalagi keberdaan sapi bagi petani sejak dulu merupakan salah satu tabungan hidup yang telah di pakai dan sudah berjalan bertahun tahun yang setiap saat dapat di jual untuk keperluan keluarga “ujar Subardi.

Keberadaan petani ternak sapi di Bantul memang perlu mendapat perhatian serius dari pihak pihak yang terkait, dalam hal ini dinas terkait dan pemerintah setempat, apalagi dinas yang bersangkutan.

Apabila petani ternak sapi bergairah, jelas program IB akan berjalan dengan baik, sehingga keberadaan (IB) dan petugasnya bisa kerja maksimal dalam melayani warga “kata Subardi.

Potensi yang cukup besar ini, tentu membutuhkan patner kerja, karena peternak sapi cukup banyak yang tersebar di 3 blok yakni Bantul Timur, Tengah dan Barat.

Nah teman-teman sesama petugas Ib karena merasa menjadi petugas yang terorganisir  dan terlatih, maka potensi untuk mengembangkan soal IB jelas menjadi lahan setrategis dan sangat bermanfaat bagi pengembangan ternak sapi terutama yang membutuhkan.

Kabupaten Bantul dengan kondisi peternakan yang di milikinya ini, jelas akan mampu mengangkat persapian dengan swasembada daging agar tidak selalu gonjang-ganjing karena harga jatuh.

Ketua (IB) Bantul ini kembali menegaskan, jumlah pedet yang di hasilkan di ,perlu di pertahankan, terutama dalam pemeliharaan sapi, namun mungkin yang perlu di ingat bahwa sapi Putih berpunoklah yang akan mampu bertahan/tahan banting, disamping tahan penyakit, bukan hanya ini saja sapi putih juga memiliki keunggulan dalam Repoduksi yang sangat bagus, walaupun Afreg Dai Gain (ADG nya)  berat badan lebih rendah dari sapi merah yang tidak berpunok "lontar Subardi.

Sebagai catatan mas ! kata Bardi, sapi putih akan kembali bunting/beranak setiap 14-16 bulan dan ini terus bergulir, berbeda dengan sapi merah akan kembali bunting antara 18 bulan hingga 24 bulan, Nah dengan demikian, apabila pengelolaan sapi putih lebih di tekankan, jelas- akan, karena calving Interval ( jarak beranak lebih pendek) sehingga petani untung, begitu juga program IBnya “ungkap Subardi saat berbincang-bincang dengan majalahburungpas.com di rumahnya 23 Januari 2012 yang lalu “ fid/nur/pur  


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Pelanggaran akan di tindak tegas dan di skorsing dalam lomba perkutut nasional in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11957766 Page View
    Visitors   655229 Pengunjung
    Visitor Online   17 Pengunjung Online