majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Wirun Kutoarjo Purworejo sentra perajin sangkar

Jumat, 23 September 2011 | 17:03 WIB
Dibaca: 4762
Wirun Kutoarjo Purworejo sentra perajin sangkar
MBAH KLIWON PERINTIS KEDUA PERAJIN SANGKAR WIRUN KUTOARJO

Kutoarjo-Majalahburungpas.com.Kutoarjo memiliki dusun bernama Wirun yang keberadaanya merupakan salah satu aset bagi para pecinta burung anggungan, derkuku, perkutut, puter, dan ocehan, pasalnya di dusun ini terdapat para pengrajin sangkar yang telah berkembang pesat dan melayani pesanan penggemar.

Ketika media ini kembali berkunjung untuk kesekian kalinya di Wirun tersebut para perajian sudah tergolong maju dan mulai mapan dalam mengeluarkan produknya. Pengrajin sangkar juga telah membentuk suatu wadah agar harga bisa klop dan bahannya juga bisa sama selain harganya.

Salah satu perajin yang kami wawancarai yaitu Bapak Kliwon “memaparkan, kegiatan membuat sangkar burung sudah di lakoni sejak masih muda sekitar umur 12 tahun. Saat sekarang meskipun belum masuk kategori industri yang lebih prefesional, tetapi kegiatan bapak Kliwon bagi warga sekitar Mbah Kliwon merupakan salah satu perintis, karena ilmunya di dapat secra turun temurun dari mbah-mbahnya dulu, kemudian di sebarkan kepada yang lain.

Saya “kata Mbah Kliwon, meskipun sudah berusia 65 tahun, termasuk generasi yang kedua. Ia menambahkan meskipun di anggap sebagai perintis, tetapi kemahiran masih jauh dari harapan, karena setiap tamu yang akan mencari sangkar ukir seharga  2 jutaan kami belum mampu melayani ’kata Kliwon sembari menujukan hasil sangkar yang sebagian bahannya dari bambu dan rotan tersebut. 

ROTAN NAIK HARGA MENGIKUTI.

tamu kung mania Jogja beri order

Kerajinan sangkar burung asal Wirun ini harga jualnya masih terjangkau sebab sangkar di jual mulai dari Rp. 27.500-50.000 buahnya. Berbicara motif memang tidak berukir tetapi yang di buat adalah kelas rumahan dan untuk polier saja. Dalam satu bulan Mbah Kliwon mampu menghasilkan maksimal sangkar sekitar 20-35 sangkar beragam motif derkuku perkutut dan puter.

Para pembeli produk banyak dari daerah Kebumen, Purworejo, bahkan juga ada dari luar daerah ini yang datang secara berombongan. Harga sangkar sangat berpengaruh, apabila rotan yang datang harganya naik.

Kliwon di akhir perbincangan dengan media ini merasa bersyukur, sebab melalui sangkar mampu memberikan pencerahan ekonomi selain juga masih bertani “tutup Kliwon yang kebetulan mendapat rombongan tamu kung mania Jogja dan order 20 sangkar. Dusun Wirun berjarak 3 km  dari kota Kutoarjo tepatnya sebelah utara *Fiq/nur*


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Burung kecll Blacktroad kicauannya merdu in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5460116 Page View
    Visitors   386248 Pengunjung
    Visitor Online   24 Pengunjung Online